Doa Pendek Menghimpun Kebaikan Dunia dan Akhirat, Yuk Amalkan!

Senin, 07 November 2022 - 08:30 WIB
Selain doa sapu jagat ternyata ada doa lain yang menghimpun kebaikan di dunia dan akhirat sebagaimana diajarkan Rasulullah SAW. Foto/SINDOnews
Kaum muslim biasanya sering mengamalkan doa kebaikan dunia dan akhirat sebagaimana terdapat dalam Surat Al-Baqarah ayat 201. Robbanaa Aatina fiddun-yaa hasanah, wa fil-Aakhirati hasanah, wa qinaa 'Adzaaban-naar.

Doa yang dijuluki "doa sapu jagat" ini pasti tak asing bagi kaum muslimin. Setiap sholat doa ini sering kita baca karena memang Rasulullah SAW sering membaca doa ini.

Selain doa sapu jagat tersebut, ternyata ada satu doa yang juga menghimpun kebaikan di dunia dan akhirat. Redaksinya pendek dan mudah dihafal, namun fadhilahnya sangat agung.

Doa ini termasuk salah satu doa yang diajarkan oleh Baginda Rasulullah SAW. Dari Abu Malik Saad bin Thoriq al-Asyja'i, meriwayatkan dari ayahnya, bahawa seseorang mendatangi Rasulullah dan bertanya: "Wahai Rasulullah, apa yang harus aku baca di saat meminta kepada Rabbku?"

Beliau menjawab: "Bacalah:



اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَعَافِنِي وَارْزُقْنِي

"Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, sehatkanlah aku, dan limpahkanlah rezeki kepada ku."

Rasulullah menggenggam seluruh jari jemarinya kecuali ibu jari, lalu berkata: "Sesungguhnya bacaan tersebut akan mengumpulkan dunia dan akhirat seluruhnya untukmu." (HR Muslim 2697)

Berikut Lafaznya:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَعَافِنِي وَارْزُقْنِي


Allahummagh fir lii warhamnii wa 'afinii warzuqnii.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah aku, rahmatilah aku, sehatkanlah aku, dan limpahkanlah rezeki kepada ku."

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Yang pertama kali yang dihisab (dihitung) dari perbuatan seorang hamba pada hari Kiamat adalah shalatnya. Jika sempurna ia beruntung dan jika tidak sempurna, maka Allah Azza wa Jalla berfirman, Lihatlah apakah hamba-Ku mempunyai amalan shalat sunnah? Bila didapati ia memiliki amalan shalat sunnah, maka Dia berfirman Lengkapilah shalat wajibnya yang kurang dengan shalat sunnahnya

(HR. Nasa'i No. 463)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More