alexametrics

Doa yang Menghimpun Semua Kebajikan Dunia dan Akhirat

loading...
Doa yang Menghimpun Semua Kebajikan Dunia dan Akhirat
Dalam satu hadis Nabi shallallahu alaihi wa sallam disebutkan bahwa tidak ada yang dapat mengubah takdir kecuali. Foto Ilustrasi/Ist
Kebanyakan manusia mengandalkan urusannya kepada dirinya, kepintarannya, atau amal perbuatannya. Sangat sedikit yang bertawakkal kepada Allah dan menjadikan doa sebagai senjata utama.

Dalam perspektif Islam memang syariat mengajarkan ikhtiar dan tawakkal. Namun, ikhtiar (usaha) yang dilakukan seseorang tidak akan berkah apabila tidak melibatkan Allah. Itu sebabnya doa menjadi sangat penting dan menjadi senjata bagi kaum mukmin. (Baca Juga: Hakikat Doa dan Rahasia Pengabulannya)

Bahkan dalam satu hadis Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menyebutkan bahwa tidak ada yang dapat mengubah takdir kecuali doa. Muncul pertanyaan, bagaimana cara agar doa kita dikabulkan Allah Taa'la? Bagi seorang mukmin tentu harus yakin bahwa semua doa yang baik akan diterima selama kita beriman dan bertakwa kepada-Nya. Takwa dalam arti menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

"Dan Tuhanmu berfirman, 'Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina." (QS Al-Ghafir: Ayat 60). (Baca Juga: Doa Memohon Kebaikan dan Terhindar dari Bala)



Berikut doa yang menghimpun semua kebaikan di dunia dan akhirat. Doa ini merupakan doa yang sering diajarkan para ulama. Berikut doanya:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ خَلَّاقٌ عَظِيْمٌ إِنَّكَ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ إِنَّكَ غَفُوْرٌ رَحِيْمٌ إِنَّكَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَطِيْمِ. اللَّهُمَّ إِنَّكَ أَنْتَ الْبَرُّ الْجَوَادُ الْكَرِيْمُ إِغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَعَافِنِي وَارْزُقْنِي وَاسْتُرْنِي وَاجْبُرْنِي وَارْفَعْنِي وَلاَ تُضِلَّنِي وَأَدْخِلْنِي الْجَنَّةَ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ




Allahumma innaka khollaqun 'azhim, innaka samii'un 'alim, innaka ghofurur rahim, innaka Robbul-'arsyil 'azhim. Allahumma innaka Antal barrul jawaadul Kariim, igfirlii warhamni wa 'afini warzuqni wasturni wajburni warfa'ni wa la tudhillani wadkhilnil jannati biromahtika Ya Arhamar Rahimiin.

"Ya Allah, sungguhlah Engkau Maha Pencipta lagi Mahaagung, Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui, Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang dan Engkau Penguasa 'Arsy yang agung. Ya Allah, sungguhlah Engkau Mahabenar, Maha Penyantun lagi Maha Pemurah, ampunilah aku dan selamatkanlah aku, limpahkanlah rezeki kepadaku, tutupilah aib (cacat kekurangan)-ku, karuniailah aku ganjaran pahala, tingkatkanlah derajatku (martabatku), janganlah aku Engkau sesatkan dan masukkanlah ke dalam surga dengan rahmat-Mu, wahai Maha Pengasih dan Penyayang (Arhamar-Rahimin)".

Selain di atas, ada juga doa yang diajarkan Al-Qur'an. Doa ini termasuk doa yang sangat populer karena mudah dihapal kaum muslimin.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
cover top ayah
وَمَا خَلَقۡتُ الۡجِنَّ وَالۡاِنۡسَ اِلَّا لِيَعۡبُدُوۡنِ
Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

(QS. Az-Zariyat:56)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak