Kiyai Ahmad Syahrin: Istri Seperti Ini Wajar Ditangisi Para Suami

Jum'at, 23 Desember 2022 - 17:13 WIB
Ada yang bertanya, bukankah istri tersebut berbohong? Kan berbohong dosa? Kiyai Ahmad Syahrin mengatakan, ini jenis tauriyah. Tauriyah itu mengucapkan suatu kalimat yang memiliki lebih dari satu makna. Orang yang mendengar akan memahami makna yang dekat, sedangkan si pembicara bermaksud makna yang jauh dengan tujuan mengecoh.

Hukum tauriyah dibolehkan jika untuk kemaslahatan yang lebih besar. Contoh tauriyah, ada seorang Syaikh ditemui oleh seseorang yang akan dibunuh, ia minta agar tidak diberi tahu persembunyiannya.

Setelah orang itu sembunyi, syaikh itu bergeser sedikit ke tempat lain. Lalu datang pembunuh dan bertanya apakah ia melihat orang yang sedang ia cari? Syaikh menjawab: "Sejak aku ada di sini, aku tidak melihat orang lain kecuali engkau."

Nah, syaikh ini sedang bertauriah, dia sebenarnya tahu di mana orang yang dicari itu bersembunyi. Tapi ia tidak berbohong karena memang sejak ia geser tempat ia tidak melihat orang lain kecuali orang yang mau membunuh itu.

Demikian kisah sosok istri salihah yang membuat suaminya menangis karena ketakwaan dan akhlaknya yang luar biasa. Semoga kisah ini bermanfaat.



Wallahu A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
قُلۡ اُوۡحِىَ اِلَىَّ اَنَّهُ اسۡتَمَعَ نَفَرٌ مِّنَ الۡجِنِّ فَقَالُوۡۤا اِنَّا سَمِعۡنَا قُرۡاٰنًاعَجَبًا (١) يَّهۡدِىۡۤ اِلَى الرُّشۡدِ فَاٰمَنَّا بِهٖ‌ ؕ وَلَنۡ نُّشۡرِكَ بِرَبِّنَاۤ اَحَدًا (٢) وَّاَنَّهٗ تَعٰلٰى جَدُّ رَبِّنَا مَا اتَّخَذَ صَاحِبَةً وَّلَا وَلَدًا (٣)
Katakanlah (Muhammad), Telah diwahyukan kepadaku bahwa sekumpulan jin telah mendengarkan (bacaan), lalu mereka berkata, Kami telah mendengarkan bacaan yang menakjubkan (Al-Qur'an), (yang) memberi petunjuk kepada jalan yang benar, lalu kami beriman kepadanya. Dan kami sekali-kali tidak akan mempersekutukan sesuatu pun dengan Tuhan kami, dan sesungguhnya Mahatinggi keagungan Tuhan kami, Dia tidak beristri dan tidak beranak.

(QS. Al-Jinn Ayat 1-3)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More