Penampakan Tawaf Ibadah Haji dalam Masa Pandemi di Masjidil Haram

Ada yang istimewa pada haji 2020, selain wabah covid-19 yang belum berakhir di dunia, pelaksanaan ibadah di Masjidil Haram ini dilakukan dengan jaga jarak. Jamaah haji, yang hanya dibatasi 1.000 orang, telah mulai melakukan tawaf di Ka'bah, Makkah, Arab Saudi.

Jamaah melaksanakan tawaf qudum yang merupakan tawaf pertama yang dilakukan ketika kita tiba di Mekah. Nama lain dari tawaf qudum adalah tawaf dukhul yaitu tawaf pembuka atau tawaf selamat datang. Setiap kali memasuki Masjidil Haram.Tawaf ini juga sebagai pengganti shalat tahiyyatul masjid, sering juga disebut tawaf Masjidil Haram. Hukum melaksanakan Tawaf Qudumadalah Sunnah, artinya tidak membatalkan ibadah hajiataupun umroh, kalau tidak melaksanakannya.
Terlihat dalam video jamaah wanita mayoritas mengenakan pakaian berwarna hitam dan tawaf pada lingkaran yang lebih dekat dengan Ka’bah. Bagi wanita, melaksanakan Tawaf Qudum tidak perlu berlari – lari kecil karena cukup dengan berjalan biasa. Mayoritas jemaah juga terlihat membawa payung guna melindungi dari terik Matahari. Payung tersebut merupakan pemberian dari pemerintah Arab Saudi.Jamaah pria dan wanita dengan tertib mengatur jarak sekitar 1,5 meter hingga 2 meter sesuai stiker pembatas yang telah dipasang beberapa hari sebelumnya.

(fan)
cover top ayah
اِنَّمَا الۡمُؤۡمِنُوۡنَ اِخۡوَةٌ فَاَصۡلِحُوۡا بَيۡنَ اَخَوَيۡكُمۡ ‌ۚ‌وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمۡ تُرۡحَمُوۡنَ
Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu yang berselisih dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.

(QS. Al-Hujurat:10)
cover bottom ayah