Syiar: Tunjangan Hari Raya dalam Pandangan Islam

Ustadz: Fauzan Amin, S.THI, M.HUM

Kultum bersama Fauzan Amin, S.THI, M.HUM, membahas tentang Tunjangan Hari Raya. Hukum THR wajib ditunaikan, dikarenakan menjelang lebaran banyak orang terutama para pekerja yang ngeributin soal THR, bagaimana sih hukum THR menurut Agama? Hukum asal THR adalah sunnah karena dihitungannya adalah sedekah, kita memberikan sesuatu menjelang lebaran dalam rangka membantu orang -orang yang berhak kita bantu. Ingat bahwa Allah SWT berfirman “Diantara harta kita itu ada Haknya orang yang pertama orang yang meminta-minta, yang kedua Hukum THR bagi institusi atau pekerja hukumnya adalah wajib, bagi para perusahaan segeralah menuaikan THR tersebut karena Rasulullah SAW. menyarankan kepada kita, bayarlah karyawanmu sebelum keringatnya kering artinya segeralah mungkin untuk menuaikan kewajiban yang menjadi hak bagi pekerja.

(nas)

cover top ayah
اَلۡمُنٰفِقُوۡنَ وَالۡمُنٰفِقٰتُ بَعۡضُهُمۡ مِّنۡۢ بَعۡضٍ‌ۘ يَاۡمُرُوۡنَ بِالۡمُنۡكَرِ وَيَنۡهَوۡنَ عَنِ الۡمَعۡرُوۡفِ وَيَقۡبِضُوۡنَ اَيۡدِيَهُمۡ‌ؕ نَسُوا اللّٰهَ فَنَسِيَهُمۡ‌ؕ اِنَّ الۡمُنٰفِقِيۡنَ هُمُ الۡفٰسِقُوۡنَ
Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, satu dengan yang lain adalah sama, mereka menyuruh berbuat mungkar dan mencegah perbuatan yang makruf dan mereka juga kikir. Mereka telah melupakan Allah, maka Allah melupakan mereka.  Sesungguhnya orang-orang munafik itulah orang-orang yang fasik.

(QS. At-Taubah:67)
cover bottom ayah