Syiar: Wahai Umat Islam, Rasulullah Sangat Cinta Tanah Air

Kultum Syiar bersama Ustadz: H. Muhammad Kholid Syeirazi, M.Si mengulas tentang Cinta Tanah Air, Islam mengajarkan cinta tanah air bahkan di dalam Alquran Allah menggambarkan seorang Ansor sebagai orang yang menyandingkan antara kecintaan kepada tanah air dan keimanan. Kita tidak mungkin bisa mengamalkan ajaran Islam, mengamalkan Syariat Islam tanpa Tanah Air.

Kita tidak mungkin salat di awan, kita tidak bisa mendirikan masjid atau mushola tanpa kecintaan kepada Tanah Air, karena itu kecintaan kepada Tanah Air merupakan bagian dari pelaksanaan ajaran Agama.

Ada yang berkata bahwa nasionalisme bertentangan dengan agama, tentu saja anggapan ini salah karena Rasulullah sangat mencintai tanah airnya. Setelah beliau hijrah ke Madinah beliau membentuk tatanan sosial yang menaungi seluruh komunitas agama dan etnis kemudian menegakkan berdasarkan prinsip konstitusi.

(sir)
cover top ayah
وَمَا كَانَ لِبَشَرٍ اَنۡ يُّكَلِّمَهُ اللّٰهُ اِلَّا وَحۡيًا اَوۡ مِنۡ وَّرَآىٴِ حِجَابٍ اَوۡ يُرۡسِلَ رَسُوۡلًا فَيُوۡحِىَ بِاِذۡنِهٖ مَا يَشَآءُ‌ؕ اِنَّهٗ عَلِىٌّ حَكِيۡمٌ
Dan tidaklah patut bagi seorang manusia bahwa Allah akan berbicara kepadanya kecuali dengan perantaraan wahyu atau dari belakang tabir atau dengan mengutus utusan (malaikat) lalu diwahyukan kepadanya dengan izin-Nya apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Dia Mahatinggi, Mahabijaksana.

(QS. Asy-Syura:51)
cover bottom ayah