Keutamaan Membaca Al-Quran Surat Az-Zumar, Bisa Jadi Wasilah Terhindar Musibah

Selasa, 24 Januari 2023 - 09:29 WIB
loading...
Keutamaan Membaca Al-Quran Surat Az-Zumar, Bisa Jadi Wasilah Terhindar Musibah
Banyak keutamaan membaca surat Az-Zumar. Foto/Ilustrasi: Dok. SINDOnews
A A A
Banyak keutamaan membaca Al-Quran surat az-Zumar . Surat ini termasuk Al-Matsani untuk Rasulullah SAW sebagai pengganti Injil. Nabi senantiasa membacanya setiap malam. Hal ini berdasar hadis dari Ummu Mu’minin Aisyah . “Nabi selalu tidak tidur di atas tempat tidurnya sebelum membaca surat Bani Israil (Al-Isra’) dan Az-Zumar pada setiap malam.” (HR Ahmad dan At-Tirmidzi)

Di sisi lain, setidaknya ada 2 fadilah membaca surat Az-Zumar. Salah satunya bisa dijadikan wasilah atau doa agar terhindar dari musibah tenggelam ketika bepergian menaiki kapal. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Az-Zumar ayat 67. Berikut bacaannya:

وَمَا قَدَرُوا اللّٰهَ حَقَّ قَدْرِهٖۖ وَالْاَرْضُ جَمِيْعًا قَبْضَتُهٗ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ وَالسَّمٰوٰتُ مَطْوِيّٰتٌۢ بِيَمِيْنِهٖ ۗسُبْحٰنَهٗ وَتَعٰلٰى عَمَّا يُشْرِكُوْنَ

Baca juga: Fadhilah Surat Al Kafirun dalam Kehidupan Sehari-hari

Selain itu, surat ini juga bisa dijadikan wasilah atau doa agar membuat takut orang yang memusuhi, atau orang-orang yang hendak berbuat jahat kepada kita. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Az-Zumar ayat 68-69. Berikut bacaannya:

وَنُفِخَ فِى الصُّوْرِ فَصَعِقَ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ اِلَّا مَنْ شَاۤءَ اللّٰهُ ۗ ثُمَّ نُفِخَ فِيْهِ اُخْرٰى فَاِذَا هُمْ قِيَامٌ يَّنْظُرُوْنَ
وَاَشْرَقَتِ الْاَرْضُ بِنُوْرِ رَبِّهَا وَوُضِعَ الْكِتٰبُ وَجِايْۤءَ بِالنَّبِيّٖنَ وَالشُّهَدَاۤءِ وَقُضِيَ بَيْنَهُمْ بِالْحَقِّ وَهُمْ لَا يُظْلَمُوْنَ

Rombongan-Rombongan
Surat Az-Zumar atau lafadz Az-Zumar sendiri berarti “rombongan-rombongan”. Surat ini terdiri atas 75 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyyah dan turun setelah surat Saba’. Ia dinamakan Surat Az-Zumar karena merujuk pada lafadz Az-Zumar yang terdapat pada ayat 71 dan 73 di dalamnya.

Dalam ayat-ayat tersebut dijelaskan bahwa setelah dihisab di hari kiamat nanti, umat manusia terbagi menjadi dua rombongan. Kelompok atau rombongan manusia pertama akan di bawa ke surga, dan satu rombongan lainnya akan dibawa ke neraka. Masing-masing rombongan itu akan memperoleh balasan atas segala yang telah diperbuatnya ketika hidup di alam dunia.

Baca juga: Fadhilah Membaca Surat Al-Ikhlas 10 Kali Setelah Sholat Subuh

Surat Az-Zumar juga disebut dengan Surat Al-Ghuraf (kamar-kamar), karena merujuk pada lafadz ghuraf yang terdapat pada ayat 20, di mana dijelaskan keadaan kamar-kamar di dalam surga yang diperoleh orang-orang bertakwa.

Adapun pokok kandungan dari Surat Az-Zumar adalah sebagai berikut:

1. Terdapat dalil-dalil tentang ke-Esa-an Allah;
2. Dijelaskan bahwa para malaikan berkumpul di sekeliling ‘arsy dan bertasbih kepada Tuhannya;
3. Dijelaskan bahwa di hari kiamat, setiap orang memiliki catatan amal perbuatannya masing-masing ;
4. Menjelaskan tentang perintah memurnikan ketaatan kepada Allah;
5. Menjelaskan tentang larangan berputus asa terhadap rahmat Allah;
6. Menjelaskan tabiat orang-orang musyrik dalam keadaan suka dan duka;
7. Menceritakan kedahsyatan hari kiamat;
8. Menjelaskan janji Allah yang mengampuni orang-orang yang bersalah apabila mereka bertaubat.

Baca juga: 4 Kandungan Penting Surat Al-Kahfi dan Fadhilah Membacanya
(mhy)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1456 seconds (10.177#12.26)