Turunnya Surah At-Taubah dan Meletusnya Perang Pasukan Islam Lawan Romawi

Selasa, 24 Januari 2023 - 16:09 WIB
loading...
A A A
Jadd menjawab, "Wahai Rasulullah, berilah saya izin untuk tidak berangkat, dan janganlah engkau jerumuskan diriku ke dalam fitnah. Demi Allah, sesungguhnya semua kaumku telah mengetahui bahwa tidak ada seorang lelaki pun yang lebih suka kepada wanita selain diriku. Dan sesungguhnya aku merasa khawatir bila melihat kaum wanita Banil Asfar, maka aku tidak dapat mengekang diriku lagi dari mereka."

Maka Rasulullah SAW berpaling darinya dan bersabda, "Saya memberi izin kepadamu untuk tidak berangkat."

Baca juga: Kaum Munafik Menghindari Seruan Nabi Melawan Romawi

Sehubungan dengan peristiwa Al-Jadd ibnu Qais inilah diturunkan firman-Nya: Di antara mereka ada yang berkata, "Berilah saya keizinan (tidak pergi berperang) dan janganlah kamu menjadikan saya terjerumus ke dalam fitnah" (At-Taubah: 49), hingga akhir ayat.

Dengan kata lain, sesungguhnya Al-Jadd merasa takut terhadap wanita Banil Asfar sebagai alasannya untuk tidak berangkat berperang, padahal kenyataannya tidaklah demikian. Karena dengan demikian berarti dia telah terjerumus ke dalam fitnah yang lebih parah, sebab ia tidak mau berangkat dengan Rasulullah SAW dan sikapnya yang mementingkan dirinya sendiri.

Orang-orang Munafik
Orang-orang yang memang sudah membawa bibit-bibit kebencian dalam hatinya kepada Rasulullah, mereka mengambil kesempatan dalam peristiwa ini supaya orang-orang munafik itu tambah munafik dan menghasut orang supaya tinggal di belakang medan perang.

Rasulullah SAW melihat bahwa mereka itu tak dapat diberi hati, khawatir nanti akan merajalela. Beliau berpendapat akan mengambil tindakan terhadap mereka dengan tangan besi. Beliau mengetahui, bahwa banyak orang berkumpul di rumah Sulaim orang Yahudi itu.

Mereka mengalang-alangi orang dengan menanamkan rasa enggan dalam hati orang dan supaya mereka tinggal saja di garis belakang. Didampingi oleh beberapa orang sahabat Rasulullah mengutus Talha bin 'Ubaidillah mendatangi kaum munafik itu, selanjutnya membakar rumah Sulaim.

Baca juga: 7 Ciri Orang Munafik dalam Islam, Apa Saja?
(mhy)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2156 seconds (10.55#12.26)