4 Doa Agar Diberi Kemudahan Melunasi Utang

Selasa, 07 Februari 2023 - 07:15 WIB
loading...
4 Doa Agar Diberi Kemudahan Melunasi Utang
Selain berusaha (ikhtiar), doa merupakan senjata kaum mukmin yang dapat dilakukan untuk melunasi utang. Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa agar dimudahkan melunasi utang ini dapat diamalkan kaum muslim, terlebih bagi yang sedang mengalami kesulitan. Selain ikhtiar, doa merupakan senjata kaum mukmin.

Dalam Islam, melunasi utang adalah kewajiban yang harus ditunaikan setiap orang yang berutang. Bahkan, menunda nunda pembayaran utang termasuk dalam kategori kezaliman.

Ada beberapa doa yang diajarkan Rasulullah SAW agar umatnya terlepas dari jerat utang dengan izin Allah. Berikut doanya:

1. Doa Berlindung dari Jeratan Utang

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ

Allahumma innii a'uudzubika minal hammi wal khazani wa a'uudzubika minal 'ajzi wal kasali wa a'uudzubika minal jubni wal bukhli wa a'uudzubika min gholabatid daiyni waqahrir rijaali.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari susah dan sedih, dari lemah dan malas, dari takut dan kikir, dikalahkan oleh utang dan penguasaan orang lain." (HR Abu Dawud 1330)

2. Doa Meminta Kemudahan Melunasi Utang

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahummakifnii bihalaalika 'an haraamika wa aghninii bifadhlika 'amman siwaak.

Artinya: "Ya Allah, cukupkanlah untukku apa-apa yang Engkau halalkan dari apa-apa yang Engkau haram-kan, dan kayakanlah aku dengan kemurahan-Mu dari siapa saja selain-Mu." (HR at Tirmidzi 1820)

3. Doa Agar Diberi Kemudahan

اَللَّهُمَّ يَسِّرْ وَ لَا تُعَسِّرْ

Allahumma yassir walaa tu'assir

Artinya: "Ya Zat yang memudahkan segala yang sulit, mudahkanlah jangan Engkau persulit."

4. Membaca Surat dan Dzikir Berikut
Habib Ali bin Husein Al-Attas (1891-1976) atau Habib Ali Bungur menyebutkan satu riwayat dalam Kitab Al-Qirthos.

يروي ان من صلي ركعتين قبل طلوع الفجر‘يقراء في كل ركعۃ الفاتحۃ وايۃ الكرسي ثلاث مرات والكافرون مرۃ والاخلاص ۱۱ مرۃ ثم يقول بعد الفراغ سبحان الله وبحمده سبحان الله العظيم استغفرالله ۱۰۰ مرۃ‘قضي الله دينه ووسع عليه رزقه.

"Barang siapa sholat dua rakaat sebelum terbit Fajar. Dalam setiap rakaatnya ia membaca: Al-Fatihah, Ayat Kursi sebanyak 3 kali, Surat Al-Kafirun 1 kali, dan Surat Al-Ikhlas 11 kali.

Kemudian setelah sholat ia membaca:

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيمِ أَسْتَغْفِرُ الله

Subhanallahi wa Bihamdihi, Subhanallahil 'Azhimi, Astaghfirullaah (100 kali) Maka Allah akan melunasi utangnya dan melapangkan rezekinya.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2050 seconds (0.1#10.140)