12 Keutamaan Sedekah, Nomor Terakhir Bisa Memperpanjang Umur

Jum'at, 03 Maret 2023 - 08:15 WIB
loading...
A A A
5. Meringankan sakaratul maut

Tidak hanya pahala sedekah di hari Jumat yang bisa kita lakukan, namun dengan melakukan sedekah sesering mungkin. Ini mengartikan kita juga memperingan kepedihan yang kelak akan kita rasakan saat sakaratul maut. Sebab dengan sedekah, maka Allah SWT akan menghilangkan perasaan dan sifat sombong dalam Islam dan egois orang yang melakukan sedekah tersebut.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Sedekah dari seorang Muslim meningkatkan (hartanya) di masa kehidupannya. Dan juga meringankan kepedihan saat maut (Sakaratul maut), dan melaluinya (sedekah) Allah menghilangkan perasaan sombong dan egois.” (Fiqh-us-Sunnah vol. 3, hal 97)

6. Mengabulkan hajat

Selain dengan cara sholat hajat, untuk anda yang memiliki hajat tertentu dan ingin segera dikabulkan, maka cara yang bisa ditempuh adalah melakukan sedekah.

“Barang siapa berniat sedekah, kecepatan Allah membalasnya lebih dari kecepatan gerakan sedekahnya.” (Hadist Qudsi)

7. Menjauhkan bencana

Sedekah juga akan memberikan hikmah yang luar biasa bagi pelakunya yakni menjauhkan diri orang tersebut dari segala macam bahaya sekalipun pelaku sedekah tersebut adalah seorang pendosa, kafir bahkan zhalim dan bisa menghadapi musibah dalam Islam dengan baik sebab Allah SWT akan menjauhkan bencana dari orang yang melakukan sedekah tersebut.

8. Memperbanyak rezeki

Jika kita mengeluarkan sedekah berupa materil atau non materil, ada hikmah berharga yang bisa kita dapatkan yakni mendapatkan rezeki yang lebih banyak lagi karena perbuatan sedekah tersebut, apalagi bila diikuti juga dengan dzikir pembuka rezeki.

Rasulullah SAW pernah bersabda “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.” (HR. Al-Baihaqi)

9. Memperoleh naungan Hari Kiamat

Hal yang perlu diingat adalah naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat menurut Islam kelak merupakan sedekah yang sudah dilakukan.

“Sesungguhnya sedekah akan memadamkan panas kubur bagi pelakunya. Sungguh pada hari kiamat, seorang mukmin akan berlindung di bawah naungan sedekahnya.” (Silsilah As-Shahihah, 3484)

10. Menghapus dosa

Sedekah juga akan menghapus dosa besar dalam Islam yang sudah kita perbuat meskipun dosa tersebut tidak dihapuskan begitu saja. Namun tetap harus disertai dengan perbuatan yang baik dan juga taubat.

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“.(HR. At-Tirmidzi).

11. Pemisah diri dari neraka

Bersedekah tidak hanya bisa dilakukan dengan memberikan uang namun juga pakaian, makanan dan hal lainnya. Sedekah yang diberikan ini akan menjadi pemisah kita dengan api neraka saat kiamat datang.

Nabi bersabda: “Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma“. (Muttafaqun ‘alaih)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1563 seconds (0.1#10.140)