Kisah Imam Hasan Al-Bashri dan Doanya yang Mustajab

Minggu, 05 Maret 2023 - 07:30 WIB
loading...
A A A
Hajjaj lalu memerintahkan agar pengawalnya menyiapkan alat eksekusi lalu meminta agar Hasan Al-Bashri dijemput ke kediamannya. Saat ia dibawa beberapa tentara, orang-orang menatap sang imam dengan iba. Mereka seperti sudah tahu apa akhir kisah dari ulama besar tersebut.

Dengan tenang dan penuh wibawa sang imam melangkah masuk ke ruangan yang di dalamnya ada Hajjaj, para pejabat dan juga algojo bersenjata lengkap. Tak sedikitpun tergurat di wajah beliau rasa takut. Justru yang terjadi, malah Hajjaj seperti salah tingkah dan langsung ciut nyali. Ia terkesima oleh pancaran pengaruh sang imam yang sangat kuat.

Hajjaj turun dari tempat duduknya lalu menghampiri imam Hasan Al-Bashri seraya berkata ramah: "Silahkan duduk di sini wahai Abu Said." Mempersilakan imam Hasan duduk di singgasananya.

Lalu Hajjaj melontarkan beberapa perkataan basa-basi yang dijawab oleh sang imam dengan seadanya. Seluruh yang hadir menjadi bengong dan terheran-heran melihat perilaku Hajjaj yang justru berubah sangat lunak dan lembek di hadapan Imam Hasan Al-Bashri.

Akhirnya pertemuan yang dikira akan diwarnai pertumpahan darah berbuah menjadi majelis diskusi agama. Hajjaj bertanya beberapa hal dan sang Imam menjawab semua soalan dengan lugas. Hingga Hajjaj tidak bisa menyembunyikan rasa kagumnya kepada Hasan Al-Bashri, ia pun berkata: "Wahai Abu Said, Anda benar-benar ulama yang hebat."

Ketika sang imam beranjak hendak pulang, Hajjaj berdiri dan mengantarkannya hingga sampai di depan pintu istananya. Sesampainya di luar istana, salah seorang pengawal yang mengikuti Hasan Al-Bashri berkata, "Wahai Abu Sa'id sesungguhnya Hajjaj tadi memanggil anda untuk mencelakai anda. Namun aku lihat engkau membaca sebuah doa yang membuat ia tidak berdaya, doa apakah itu?"

Imam Hasan Al-Bashri menjawab: "Aku membaca doa sebagai berikut:

يا وليّ نعمتي، وملاذي عند كربتي، اجعل نقمته عليَّ برداً وسلاماً، كما جعلت النار برداً وسلاماً على إبراهيم

Artinya: "Wahai Yang Maha Melindungi dan tempatku bersandar dalam kesulitan, jadikanlah amarahnya menjadi dingin dan menjadi keselamatan bagiku sebagaimana Engkau jadikan api menjadi dingin dan keselamatan bagi Ibrahim." [Abrazul Zajaj hal 117, Fash al Khitab fi az Zuhd wa ar Raqaiq wal Adab (1/668)]



Wallahu A'lam
(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)