Niat Baca Yasin 3 Kali pada Malam Nisfu Syaban

Senin, 06 Maret 2023 - 22:54 WIB
loading...
Niat Baca Yasin 3 Kali pada Malam Nisfu Syaban
Membaca Surat Yasin pada malam Nisfu Syaban yang diniatkan untuk kebaikan merupakan perkara yang baik karena bertawassul dengan amal saleh. Foto/SINDOnews
A A A
Berikut lafaz niat membaca Surat Yasin 3 kali pada malam Nisfu Syaban 1444 H yang jatuh Selasa malam (7/3/2023). Membaca Surat Yasin yang diniatkan untuk kebaikan merupakan perkara tawassul dengan amal saleh.

Anjuran menghidupkan malam Nisfu Syaban ini diterangkan dalam riwayat berikut. Dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jika datang malam Nisfu Syaban maka dirikanlah ibadah pada malam tersebut dan berpuasalah pada siangnya." (HR Ibnu Majah dan Al-Baihaqi)

Dalam riwayat lain disebutkan: "Allah 'Azza wa Jalla mendatangi makhluk-Nya pada malam Nisfu Syaban. Allah mengampuni hamba-hamba-Nya kecuali dua orang yaitu orang yang bermusuhan dan orang yang membunuh jiwa."

Tata Cara Baca Yasin 3 Kali Berikut Niatnya
Setiap kali hendak membaca Surat Yasin, kita berniat agar Allah mencurahkan rahmat-Nya dengan sebab keberkahan Yasin tersebut. Sebelum membaca Surat Yasin terlebih dahulu membaca Taawudz, Bismillah, dan Sholawat atas Nabi.

Kemudian berniat 3 kali dengan lafaz di bawah ini untuk memantapkan hati. Setelah itu baru membaca Surat Yasin.

1. Niat Panjang Umur dalam Taat kepada Allah

الفاتحة و يس بنية طول العمر في طاعة الله وحسن الخاتمة عند الموت

Al-Faatihah wa Yasin binniyati Thulil 'Umuri fii Tho'atillaahi wa husnil-Khotimati 'Indal Mauut.

2. Niat Dijauhkan dari Bala dan Suul Khatimah

الفاتحة و يس بنية دفع البلاء والوباء والأمراض والفتن ما ظهر منها وما بطن وسوء الخاتمة عند الموت

Al-Faatihah wa Yasin binniyati Dafa' Al-Balaa-a wal Wabaa wal-Fitani ma Zhoharo Minha wa maa Bathon wa Suu-il Khatimati 'indal Mauut.

3. Niat untuk Kelapangan Rezeki

الفاتحة و يس بنية الإستغناء عن الناس وتيسير الرزق حلالا كثيرا طيبا مباركا فى الدنيا والأخرة

Al-Faatihah wa Yasin binniyatil Istighnaa 'anin-Naasi wa tayassair Rizqi halaalan Katsiron Thoyyiban Mubarokan Fid-Dunya wal Aakhirah.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2035 seconds (0.1#10.140)