Amalan-amalan Penambah Pahala di Bulan Ramadan

Senin, 13 Maret 2023 - 16:11 WIB
loading...
Amalan-amalan Penambah Pahala di Bulan Ramadan
Selain ibadah puasa wajib, banyak amalan yang bisa menambah pahala berlipat di bulan Ramadan nanti, yuk amalkan! Foto ilustrasi/ist
A A A
Bulan Ramadan akan segera tiba, untuk mengisinya selain ibadah wajib yakni puasa Ramadan ada juga amalan-amalan yang patut diprioritaskan mengingat kandungan pahala dan keutamaannya yang luar biasa.

Di antara sekian banyak amalan tersebut, setidaknya ada 7 amalan di bulan Ramadan yang patut untuk kita prioritaskan untuk dikerjakan secara maksimal. Berikut ulasan mengenai pahala tambahan yang dapat kita dapatkan di bulan suci Ramadan dari amalan-amalan tersebut, di antaranya:

1. Qiyamul Lail

Amalan di bulan Ramadan yang perlu kita prioritaskan adalah Qiyamul Lail, yang memiliki keutamaan tersendiri. Dalilnya :

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ


“Barang siapa menghidupkan malam bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan penuh harap, maka diampuni dosa yang telah lalu.” (HR Bukhari)



Qiyamul Lail itu tidak hanya salat tarawih. Qiyamul Lail bisa amalan apa saja yang bernilai ibadah.

Imam Ibnu Abidin menjelaskan dalam kitab Hasyiyah jilid 1 halaman 460, Qiyamul Lail artinya menyibukkan diri di sebagian besar waktu malam dengan aktivitas ketaatan seperti membaca al-Quran, menyimak hadis, bertasbih, atau shalawat.

2. Tilawah Al-Qur'an

Membaca Al-Quran di bulan Ramadan Allah subhanahu wata’ala menjanjikan pahala yang banyak. Selain itu, Al-Quran juga dapat memberi syafaat bagi pembacanya di akhirat kelak.

Salah seorang sahabat bernama Abu Umamah al-Bahili pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اِقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ


“Bacalah Al-Quran, sebab kelak ia akan datang di hari kiamat sebagai pemberi syafaat kepada pembacanya.” (HR. Muslim)

Maka, jika pada hari biasa saja membaca Al-Qur'an akan mendapatkan banyak pahala, tentu keutamaan membaca Qur'an di bulan Ramadan lebih besar lagi dibanding bulan-bulan yang lain.

Suatu ketika Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma menceritakan aktivitas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam selama bulan Ramadan.

وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ القُرْآنَ


“Malaikat Jibril selalu mendatangi Nabi di setiap malam selama bulan Ramadhan. Beliau memperdengarkan bacaan al-Quran kepadanya (dan Jibril menyimak).”(HR Bukhari)

3. Sedekah Makanan
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2832 seconds (0.1#10.140)