Kesaksian Syaikh Ali Jum'ah Sebut Habib Umar bin Hafizh Adalah Wali Allah

Sabtu, 18 Maret 2023 - 15:38 WIB
loading...
Kesaksian Syaikh Ali Jumah Sebut Habib Umar bin Hafizh Adalah Wali Allah
Syaikh Ali Jumah memberikan kesaksiannya atas kewalian Habib Umar bin Hafizh (kiri) ketika bertemu di salah satu Majelis di Mesir. Foto/dok Ulum Channel
A A A
Mufti Agung Mesir periode 2003-2013 Syaikh Ali Jum'ah memberikan kesaksiannya atas kewalian Habib Umar bin Hafizh, ulama kharismatik Yaman yang juga Zurriyah Nabi.

Dalam video yang diunggah Ulum Channel di kanal YouTube Tahun 2019 lalu, Syaikh Ali Jum'ah bertemu dengan Habib Umar bin Hafizh yang datang ke acara peringatan Tahun Baru 1439 Hijriyah di Mesir, 2017 lalu.

Berikut kesaksian Syaikh Ali Jum'ah yang juga ulama senior Al-Azhar Mesir atas kewalian Habib Umar bin Hafizh.

"Telah hadir di Majlis ini seorang Wali dari para Wali-wali Allah yang saleh, (masyaAllah). Setelah sholat, beliau Sayyidi Al-Habib Umar bin Hafizh akan memberikan nasehat," kata Syaikh Ali Jum'ah ketika Habib Umar datang di majelis tersebut.

Hal ini juga dibenarkan oleh Ustaz Abdul Somad (UAS) dalam satu kajiannya. Kata UAS, Habib Umar merupakan Wali Allah sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Ali Jum'ah.

"Itu Habib Umar adalah Wali Allah. Yang ngomong siapa, Prof DR Syaikh Ali Jum'ah. Ketika Syaikh Ali Jum'ah sedang ceramah di Al-Azhar Mesir tiba-tiba datang Habib Umar bin Hafizh. Apa kata beliau? Yang datang itu adalah Waliyyun min Aulia illah sholihin. Tak mungkin bohong Syaikh Ali Jum'ah," kata UAS dalam satu kajian yang diunggah Channel Wildanssf 12 April 2021 lalu.

Salah Satu Karomah Habib Umar bin Hafizh
Habib Umar bin Hafiz adalah ulama kharismatik yang juga Pengasuh Darul Musthofa Tarim Hadhramaut Yaman. Beliau termasuk guru para Habaib dari berbagai penjuru negara termasuk Indonesia. Berikut salah satu karomah Habib Umar dikutip dari kanal IG @lenteratarim.

Dikisahkan oleh Habib Ali Al-Jufri murid sekaligus besan Habib Umar bin Hafizh. Beberapa tahun yang lalu di Kota Nairobi bersama Habib Umar berkunjung ke Syaikh Umar Al Ghayyar yang sedang sakit. Setelah itu beliau melanjutkan perjalanan menuju bandara. Tiba-tiba datang seorang Afrika dengan bahasa Sawahili menghampiri mobil Habib Ali dan bertanya kepada sopir di sampingnya.

"Siapa mereka, siapa mereka? (sambil melihat Habib Umar)" Sopir menjawab: "Mereka orang muslim." Lalu kata orang Afrika itu: "Kalau begitu aku mau menjadi muslim."

Setelah dihadapkan, maka Habib Umar bertanya: "Apa yang kau ketahui tentang Islam?" Orang Afrika itu menjawab: "Aku tidak tau apa-apa yang penting aku ingin sepertimu."

Habib Umar lalu mentalqin 2 kalimat Syahadat dan memberi nama Muhammad Nur. Lalu Habib Umar berkata: "Masukkan orang ini ke ruang tunggu bandara."

Maka masuklah orang Afrika tersebut dan Habib Umar mengajarkan cara berwudhu hingga prakteknya sekalian, cara shalat hingga akhirnya orang tersebut ikut shalat berjamaah di tempat itu.

Habib Ali Al-Jufri berkata, "lihatlah 1 jam sebelumnya dia bukan muslim, kemudian 1 jam berlalu dia sudah menjadi muslim dan shalat berjamaah bersama kami."

Ini adalah air wajah orang sholeh hanya dengan memandangnya saja bisa membuat orang-orang tertarik dan mengikuti nya. Seperti disebutkan dalam Al-Qur'an:

سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ

Artinya: "Tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud." (QS Al-Fath: 29)

Tapi salah seorang berkata: "Wahai Habib sudah tidak ada waktu, penerbangan tinggal 5 menit lagi". Lalu Habib Umar berkata: "Masukkan dulu walau hanya 5 menit bersama kami."

Apa yang terjadi dengan penerbangan yang kurang 5 menit tadi? Ternyata pesawat mengalami Delay selama 2 jam, Masya Allah.

Sungguh tidak ada yang kebetulan. Itulah salah satu karomah Habib Umar bin Hafizh bin Syaikh Abu Bakar seperti dikisahkan Habib Ali Al-Jufri.



Berikut Video kesaksian Syaikh Ali Jum'ah atas kewalian Habib Umar bin Hafizh diunggah Ulum Channel 27 September 2019:
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2109 seconds (0.1#10.140)