Mahasiswa dan Civitas Akademika Antusias Semarakkan Syiar Ramadan di Masjid UI

Senin, 27 Maret 2023 - 22:01 WIB
loading...
Mahasiswa dan Civitas Akademika Antusias Semarakkan Syiar Ramadan di Masjid UI
Kepala Makara Art Center UI Dr. Ngatawi al-Zastrouw, memberikan tausiyah budaya pada Syiar Ramadan di Masjid Universitas Indonesia (UI), Depok. Foto/Dok/UI
A A A
JAKARTA - Puluhan mahasiswa dan civitas akademika UI antusias menyemarakkan Syiar Ramadan di Masjid Ukhuwah Islamiyah, Universitas Indonesia (UI), Depok. Meskipun cuaca gerimis, namun tak menyurutkan animo mereka mengikuti acara tersebut.

Acara dibuka dengan penampilan hadrah dari Pesantren Al-Hikam, Kukusan, Depok, yang melantunkan beberapa syair Salawat. Setelah itu tampil Dr. Ngatawi al-Zastrouw, Kepala Makara Art Center UI , memberi tausiyah budaya.



Dalam tausiyahnya, Dr. Zastrouw menyatakan bahwa Syiar Ramadan merupakan bentuk ibadah ghairu mahdlah yaitu ibadah yang tidak ada perunjuk pelaksanaan dan tehnis secara jelas dalam nash (teks). Ibadah jenis ini memberikan ruang bagi ummat Islam untuk melalukan inovasi.

Para ulama, khususnya ulama Nusantara, telah memberikan contoh dalam melakukan inovasi dalam ibadah ghairu mahdlah ini sebagaimana tercermin dalam tradisi halal bi halal, buka bersama, imsak dan sejenisnya, termasuk pelaksanaan Syiar Ramadan

Selanjutnya Zastrouw menyatakan, melalui inovasi kreatif seperti ini ajaran Islam dapat diterima dengan mudah dan penuh suka cita oleh bangsa Nusantara hingga lestari sampai saat ini.



Acara ini dibuka oleh Ketua Masjid Ukhuwan Islamiyah kampus UI Depok, KH. Ahmad Solechan. Dalam sambutannya KH. Solechan menyampaikan bahwa masjid Ukhuwah Islamiyah telah menyelenggarakan berbagai kegiatan, baik dalam bentuk kajian Islam, gerakan sosial maupun gelar budaya.

Semua ini dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alamin dan menumbuhkan sikap moderat, kreatif dan inovatif dalam beragama.

"Alhamdulillah kegiatan yang diselenggarakan Masjid Ukhuwah Islamiyah Kampus UI Depok mendapat respon positif dari masyarakat. Namun demikian kami tetap mengajak civitas akademika UI untuk tetap intens berpartisipasi agar lebih syiar," kata KH. Solechan.

Acara pembukan Syiar Ramadan Masjid Ukhuwah Islamiyah Kampus UI ini juga dihadiri oleh Staff Khusus Menteri Agama bidang Komunikasi dan Media, Prasetyo Wibowo, Kakankemenag Kab. Bogor, H. Syukri Ahmad Fanani beserta ratusan jamaah dari civitas akademika UI dan masyarakat.

Selain gelar seni shalawat dan tausiyah budaya, syiar Ramadan Masjid UI Depok juga dimeriahkan keberadaan stand kuliner yang ada di sekitas masjid.

Acara syiar Ramadan Masjid UI ini akan berlangsung beberapa hari dengan berbagai agenda kegiatan yang menarik.

"Meski dalam cuaca mendung dan gerimis, namun suasana masjid sore itu terlihat meriah, sehingga syiar benar-benar terasa," pungkasnya.
(mpw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2478 seconds (0.1#10.140)