Tidaklah Beriman Orang yang Kenyang Sementara Tetangganya Lapar

Rabu, 29 Maret 2023 - 13:24 WIB
loading...
A A A
Syekh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi, dalam bukunya yang berjudul Minhajul Muslim menyebutkan, orang Islam meyakini bahwa tetangga memiliki hak-hak atas dirinya. Di antaranya yaitu, berbuat baik kepada tetangganya. Seperti menolongnya jika ia meminta pertolongan, membantunya jika ia meminta bantuan, menjenguknya jika ia sakit, menghiburnya jika ia mendapat musibah, mengucapkan selamat jika ia bahagia, dan sebagainya.

Hal ini sebagai mana sabda Nabi: "Barang siapa beriman kepada Allah dan Hari Akhir, hendaklah ia berbuat baik kepada tetangganya." (HR Bukhari).



Tetangga adalah saksi bagi kita. Baik buruknya kita tergantung penilaian tetangga kita. Dari Ibnu Mas’ud RA berkata, “Seseorang bertanya kepada Nabi: Bagaimana saya bisa tahu bahwa saya telah berbuat baik dan berbuat jelek? Beliau menjawab: ‘Jika kamu mendengar tetangggamu berkata. ‘Engkau telah berbuat baik’, maka berarti kamu telah berbuat baik. Dan jika kamu mendengar mereka berkata: ’Engkau telah berbuat jelek’, maka berarti engkau telah berbuat jelek”. [HR Ahmad (1/402).

Dari Ibnu Umar ra bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Dan barangsiapa yang berusaha memenuhi kebutuhan saudaranya maka Allah juga akan berusaha memenuhi kebutuhannya.” (HR Bukhari: 2442)

Sesungguhkan berusaha untuk memenuhi keperluan kaum Muslimin dan melonggarkan kesedihan mereka merupakan upaya mendekatkan diri kepada Allah dan menjadi penyebab di dalam terpenuhinya kebutuhan hamba tersebut, dilonggarkan kesedihan dan dilenyapkan kedukaannya.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2523 seconds (0.1#10.140)