Cara Buka Puasa Sesuai Sunnah Nabi, Makan Kurma Atau Minum Air Dulu?

Kamis, 30 Maret 2023 - 17:05 WIB
loading...
Cara Buka Puasa Sesuai Sunnah Nabi, Makan Kurma Atau Minum Air Dulu?
Rasulullah shollallahu alaihi wasallam biasa berbuka puasa sebelum sholat dengan ruthab (kurma basah). Foto ilustrasi/ist
A A A
Umat Islam perlu mengamalkan cara buka puasa sesuai sunnah Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam. Mana yang harus didahulukan, makan kurma atau minum air putih?

Seperti diketahui, salah satu sunnah ketika berbuka adalah makan kurma. Para ulama mengatakan, saat berbuka puasa sebaiknya diawali dengan makan kurma sebelum minum air putih.

Hal ini berdasar kepada Hadis yang diriwayatkan dari Anak bin Malik radhiyallahu 'anhu berikut:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى رُطَبَاتٍ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَتُمَيْرَاتٌ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تُمَيْرَاتٌ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

Artinya: "Nabi shollallahu 'alaihi wasallam biasa berbuka puasa sebelum sholat dengan ruthab (kurma basah). Jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamar (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air." (HR Abu Dawud 2356), Ad-Daruquthni 240 dan Al-Hakim 1576)

Disebutkan dalam Kitab Tibbun Nabawi: "Cara Nabi shollallahu 'alaihi wasallam berbuka terlebih dahulu dengan kurma lalu air, mengandung hikmah yang sangat mendalam sekali. Karena saat berpuasa lambung kosong dari makanan apapun. Sehingga tidak ada sesuatu yang amat sesuai dengan liver (hati) yang dapat di disuplai langsung ke seluruh organ tubuh serta langsung menjadi energi, selain kurma dan air.

Karbohidrat yang ada dalam kurma lebih mudah sampai ke liver dan lebih cocok dengan kondisi organ tersebut. Terutama kurma masak yang masih segar. Liver akan lebih mudah menerimanya sehingga amat berguna bagi organ ini sekaligus juga dapat langsung diproses menjadi energi.

Kalau tidak ada kurma basah, kurma kering pun bisa digunakan, karena mempunyai kandungan unsur gula yang tinggi pula. Bila tidak ada juga kurma kering, cukup beberapa teguk air untuk mendinginkan panasnya lambung akibat puasa sehingga dapat siap menerima makanan lain sesudah itu."

Kata Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah, kurma adalah buah, makanan, obat, minuman, sekaligus gula yang bermanfaat bagi jantung dan tubuh untuk dijadikan sebagai sumber energi.

Beberapa Sunnah ketika Berbuka Puasa :
1. Membaca Zikir sebelum berbuka puasa.
2. Menyegerakan berbuka atau tidak menundanya apabila sudah masuk waktunya.
3. Mendahulukan berbuka puasa sebelum melaksanakan sholat Maghrib.
3. Membaca kalimat Basmalah dan doa makan.
4. Ketika berbuka puasa diawali dengan makan kurma sebelum minum air putih.
5. Jika tidak ada kurma, dianjurkan minum air. Lebih utama minum air Zamzam. Jika tidak ada air Zamzam, boleh air mineral biasa.
6. Membaca doa setelah berbuka puasa. Dalam Hadis Rasululullah SAW bersabda: "Sesungguhnya doa orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak." (HR Ibnu Majah)

Doa Berbuka Puasa

1. Lafaz Allahumma Laka Shumtu...
Doa ini diriwiyatkan dua jalur dari Anas bin Malik dan Muadz bin Zuhrah radhiyallahu 'anhuma.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika Aamantu wa 'ala Rizqika Afthortu Birohmatika yaa Arhamar Roohimiin."

Artinya: "Ya Allah, kepada-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rizki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu wahai Yang Maha Pengasih di antara semua pengasih." (HR Al-Baihaqi, at-Thabarani)

2. Lafaz Dzahabaz Zhoma-u Wabtallatil...

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتْ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

Dzahabazh Zhama-u wab Talatil 'Uruqu wa Tsabatal Ajru insya Allah.

Artinya: "Telah hilang dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki." (HR Abu Dawud)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1824 seconds (0.1#10.140)