Haruskah Berpuasa untuk Orang yang Dalam Perjalanan?

Kamis, 06 April 2023 - 14:58 WIB
loading...
Haruskah Berpuasa untuk Orang yang Dalam Perjalanan?
Haruskah berpuasa untuk orang yang dalam perjalanan? (Foto: SINDOnews/PPPA Daarul Quran)
A A A
Menjalankan puasa Ramadan adalah kewajiban bagi setiap muslim di dunia. Namun, ada keringanan bagi orang-orang tertentu, seperti ketika sedang melakukan perjalanan atau safar .

Meski wajib, seseorang diperbolehkan membatalkan puasa jika dapat merugikan atau berakibat fatal terhadap dirinya. Orang yang sedang menempuh perjalanan jauh juga memiliki keringanan untuk tidak berpuasa.

Hukum puasa Ramadan untuk orang yang sedang safar adalah tidak wajib. Namun, bagi seorang musafir yang tidak berpuasa maka tetap wajib melakukan qadha puasa atau puasa ganti di luar bulan Ramadan.



Allah berfirman: “….Maka barang siapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak puasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin…….” ( QS Al-Baqarah ayat 184).

Namun, jika seseorang masih mampu untuk berpuasa meski sedang dalam perjalanan jauh, maka tidak perlu membatalkannya. Pembolehan membatalkan puasa Ramadan adalah sebuah keringanan yang diberikan Allah jika seorang hamba-Nya tak sanggup.

Itulah pembahasan mengenai hukum puasa Ramadan bagi orang yang dalam perjalanan. Semoga informasi ini dapat menambah keimanan kepada Allah.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)