Hadis tentang 5 Rukun Islam dan Beberapa Faedahnya

Sabtu, 29 April 2023 - 14:28 WIB
loading...
Hadis tentang 5 Rukun Islam dan Beberapa Faedahnya
Ada beberapa faedah yang patut diketahui umat muslim terkait lima Rukun Islam. Foto ilustrasi/dok lansano
A A A
Setiap muslim sejatinya wajib memahami dan menjalankan lima rukun Islam. Ada beberapa hal yang patut diketahui umat muslim terkait Rukun Islam.

Berikut ulasan singkat tentang Hadis Rukun Islam dalam Kitab "50 Hadits Pilihan" yang disusun DR Muhammad Murtadha bin 'Aisy. Dalil tentang rukun Islam ini disebutkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW dalam Hadis sahih berikut:

عن عبد الله بن عمر بن الخطاب رضي الله عنهما قال : سمعت النبي صلَّى الله عليه وسلَّم يقول : بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ ، وَ إِقَامِ الصَّلَاةِ ، وَ إِيْتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَ حَجِّ الْبَيْتِ ، وَ صَوْمِ رَمَضَانَ

Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar radhiyallahu 'anhuma ia berkata, Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda: "Islam didirikan di atas lima dasar, yaitu: (1) Persaksian bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, (2) Mendirikan shalat, (3) Menunaikan zakat, (4) Melaksanakan haji dan (5) Puasa di bulan Ramadhan." (shahih Al-Bukhari 8)

Perawi Hadits
Perawi Hadis ini adalah sahabat Nabi mulia bernama Abdullah bin Umar bin Khattab. Beliau masuk Islam bersama ayahnya di masa anak-anak sebelum usia baligh. Beliau Hijrah ke Madinah sebelum ayahnya. Perang Khandaq adalah peperangan pertama yang dikutinya. Dan Abdullah bin Umar mengikuti seluruh peperangan setelahnya bersama Rasulullah SAW.

Beliau pun berkontribusi dalam menaklukkan negeri-negeri besar Islam, seperti; Mesir, Syam, Iraq, Bashrah dan Persia. Beliau dikenal sebagai seorang pemberani dan vokal (dalam menyuarakan kebenaran) serta termasuk ahli ilmu dari kalangan sahabat. Abdullah bin Umar meriwayatkan Hadits dari Nabi sebanyak: 2.630 Hadis. Beliau merupakan teladan yang baik dalam ibadah dan wara'. Wafat di Mekkah Tahun 73 H pada usia 86 tahun.

Beberapa Faedah Hadis ini:
1. Mengucapkan dan mengikrarkan dua kalimat Syahadat, menuntut kita untuk mendirikan shalat, menunaikan zakat, melaksanakan haji dan berpuasa di bulan Ramadhan.
2. Tidak sah seseorang melaksanakan ajaran Islam terkecuali setelah mengikrarkan dua kalimat Syahadat ini.
3. Mengikrarkan dua kalimat Syahadat mengandung pengertian pula mengimani rukun Iman yang enam.
4. Menerima ajaran Islam sepenuhnya dan tidak menjadikan ajarannya parsial dan terpisah antara satu ajaran dengan ajaran lainnya.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1855 seconds (0.1#10.140)