Ucapan Jazakallahu Khairan dan Cara Membalasnya

Selasa, 02 Mei 2023 - 20:55 WIB
loading...
Ucapan Jazakallahu Khairan dan Cara Membalasnya
Kalimat jazakallahu khairan bukanlah ungkapan basa-basi. Kalimat ini mengandung doa yang di dalamnya terdapat kebaikan. Foto ilustrasi/dok As-Sajidin
A A A
Ucapan Jazaakallahu Khairan (جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا) bukan hanya sekadar ungkapan basa basi. Kalimat ini mengandung doa yang di dalamnya terdapat kebaikan.

Dari Usamah bin Zaid radhiyallahu 'anhuma, ia berkata, Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa yang diperlakukan baik, lalu ia mengatakan kepada pelakunya, 'Jazakallahu khairan (Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan)', maka sungguh ia telah sangat menyanjungnya." (HR at-Tirmidzi)

Cara Mengucapkannya

1. Jika ditujukan kepada orang banyak, maka ucapkanlah:
جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا

Jazaakumullahu khairon katsiro
Artinya: "Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan yang banyak."
2. Jika kepada satu orang laki-laki, ucapkan: "Jazakallahu Khairan."
3. Jika kepada satu orang perempuan, ucapkan: "Jazakillah Khairan."
4. Jika kepada banyak perempuan, ucapkan: "Jazakunnallah Khairan".

Tapi boleh juga mengucapkan dengan "jazakumullah khairan" (Semoga Allah membalas kepada kalian kebaikan) baik satu laki-laki atau banyak laki-laki, satu perempuan atau banyak perempuan. Karena كم dimaksudkan untuk dia dan keluarganya.

Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq dalam tausiyahnya menjelaskan, ucapan "Jazakallahu Khairan" juga bisa menggunakan diksi kalimat lain yang serupa seperti "Jazakallah Ahsanal Jaza" dan lainnya.

"Saya biasa menggunakan زكم الله خيرا (jazaakumullah khair) meski kepada ibu-ibu, karena yang saya maksudkan adalah dia dan juga suaminya. Juga ketika saya tidak tahu jenis kelamin seseorang bila di sosmed," kata Ustaz Ahmad Syahrin.

Cara Menjawabnya
Bagi orang yang mendapat ucapan Jazaakallahu Khairan (جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا) maka dianjurkan membalasnya dengan kata-kata yang baik. Cara menjawab ucapan tersebut yaitu dengan mengucapkan wa iyyaka (وَإِيَّاكَ) artinya semoga demikian untukmu. Berikut cara menjawabnya:
1. Wa iyyaka ditujukan kepada satu laki-laki
2. Wa iyyakum untuk banyak laki-laki atau orang banyak.
3. Wa iyyaki untuk satu perempuan.
4. Wa iyyakun untuk banyak perempuan.

Bisa juga dengan mengucapkan:
1. Wa Jazakallahu khairan untuk satu laki-laki
2. Wa Jazakumullah khairan untuk banyak laki-laki/orang.
3. Wa jazakillah khairan untuk satu perempuan.
4. Wa jazakunnallah khairan untuk banyak perempuan.

Boleh juga dengan dengan ditambahin redaksi lain sebagai variasi seperti wa Anta jazakallahu khairan dan lain-lain. Intinya tidak ada yang baku dan tak perlu kaku dalam membalasnya.

Sama dengan ketika mengucapkannya maka dalam menjawabnya boleh semua keadaan dengan kalimat yang umum yakni: "Waiyyakum atau wajazakumullah khairan." Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 50 Istilah Arab yang Populer di Masyarakat Berikut Artinya
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0984 seconds (0.1#10.140)