Leighton House: Kecintaan Pelukis Inggris terhadap Seni Islam

Sabtu, 06 Mei 2023 - 12:36 WIB
loading...
Leighton House: Kecintaan Pelukis Inggris terhadap Seni Islam
Leighton House, bukti kecintaan seniman Inggris Frederic Leighton terhadap seni Islam. Foto/Ilustras: Rasid Necati Aslim - Anadolu Agency
A A A
Pelukisterkenal era Victoria Inggris, Frederic Leighton (3 Desember 1830 – 25 January 1896), membangun Arab Hall untuk memperkenalkan seni Islam kepada masyarakat Inggris .

Leighton terpesona oleh keindahan dan misteri dunia Islam. Dia menghabiskan waktu bertahun-tahun menjelajahi Timur Tengah dan Afrika Utara, mempelajari arsitektur, seni, dan budaya wilayah tersebut pada tahun 1800-an.

Ketika dia kembali ke London , dia mulai membuat mahakarya yang akan menangkap esensi dari apa yang telah dilihatnya. Hasilnya adalah Aula Arab di dalam rumah, ruang megah yang tidak seperti tempat lain di London pada saat itu.

Arsitektur Islam

Leighton mengisi sebagian dari tempat tinggalnya, yang dikenal sebagai Arab Hall, dengan harta karun dari perjalanannya, termasuk ubin keramik Iznik yang dihias dengan indah dan karya seni yang tak ternilai harganya.
Leighton House: Kecintaan Pelukis Inggris terhadap Seni Islam

Dia bahkan membangun air mancur yang menambah kesan keagungan dan kemewahan aula.

Laman Anadolu Agency melansir, sampai kini Aula Arab masih berdiri sebagai contoh arsitektur Islam yang menakjubkan di Inggris, lengkap dengan mozaik yang rumit, ubin yang hidup, dan kubah yang menjulang tinggi yang membangkitkan kemegahan masjid kuno.



Daniel Robbins, kurator senior di Museum Rumah Leighton, mengatakan kepada Anadolu bahwa pada saat rumah itu dibangun, tidak ada yang seperti itu di rumah pedesaan.

"Rumah ini dibangun sebagai studionya dan dia memulainya pada tahun 1860-an. Dia tinggal di sini selama 30 tahun, dan hampir selama 30 tahun, dia menambah atau memperindah rumah itu dengan cara tertentu," katanya.

Contoh paling spektakuler dari hal ini adalah pembangunan Balai Arab pada tahun 1870-an, katanya. "Jadi sekitar 10 tahun setelah dia pertama kali membangun rumah itu, dia menambahkan ekstensi ini, dan itu benar-benar untuk merayakan apresiasinya terhadap seni dunia Islam yang dia lihat."

Terinspirasi oleh Tilework Ottoman

Pada tahun 1867, Leighton mengunjungi Kekaisaran Ottoman, melakukan perjalanan ke tempat yang sekarang disebut Türkiye dan mengunjungi wilayah Laut Hitam, bersama dengan ibu kota Istanbul dan kota Bursa kira-kira 90 kilometer selatan.
Leighton House: Kecintaan Pelukis Inggris terhadap Seni Islam

"Dalam perjalanan ini, dia mulai mengumpulkan dan dia mulai mengunjungi tempat-tempat menarik arsitektur dan bersejarah. Semua itu masuk ke dalam idenya bahwa mungkin dia bisa menambahkan sesuatu di sini di rumah sebagai cara untuk menampilkan materi yang dia kumpulkan saat dia bepergian," kata Robbins.

Dalam mendesain Arab Hall, Leighton mendapat inspirasi dari berbagai sumber, termasuk Istana Alhambra di Granada, Spanyol, arsitektur Moor di Afrika Utara, dan keramik terkenal di Iznik, sebuah kota danau di timur laut Bursa.



Dia sangat terkesan dengan contoh luar biasa dari ubin Ottoman yang dia lihat selama perjalanannya ke Istanbul dan Bursa.

Menurut Robbins, interior istana Arab-Norman abad ke-12 bernama La Zisa di Palermo, Sisilia juga sangat berpengaruh saat Leighton datang untuk mendesain aula tersebut. "Jadi, itu bukan semacam sumber tunggal yang disalin. Itu adalah pengaruh gabungan dari sejumlah tempat," katanya.

Dalam surat dan tulisannya sendiri, Leighton sering menyebut ketertarikannya pada seni dan arsitektur Islam dan keinginannya untuk memasukkan pengaruh ini ke dalam karyanya sendiri.

Leighton House: Kecintaan Pelukis Inggris terhadap Seni Islam

Dipercaya juga bahwa Leighton terinspirasi oleh Masjid Rustem Pasha dan Istana Topkapi di Istanbul saat merancang Balai Arab.

Mahkota kemuliaan aula ini adalah langit-langit kubahnya yang menakjubkan, dihiasi dengan mozaik bintang dan bulan sabit.

Bagian luar kubah memiliki puncak menara logam dengan bulan sabit, gaya yang biasanya ditemukan pada kubah masjid dan tempat suci di Mesir, Suriah, dan Türkiye.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2261 seconds (0.1#10.140)