Kota Tua Sanaa: Situs Warisan Dunia yang Terancam oleh Perang dan Pengabaian

Sabtu, 13 Mei 2023 - 06:57 WIB
loading...
Kota Tua Sanaa: Situs Warisan Dunia yang Terancam oleh Perang dan Pengabaian
Kota Tua berisi pasar, masjid, dan taman yang ramai (AFP/Mohammed Huwais)
A A A
Menara bata merah ibu kota Yaman telah memesona pengunjung selama berabad-abad dan pernah menjadi rumah bagi komunitas Muslim , Yahudi , dan Kristen

Sulit untuk menentukan kapan orang pertama kali menetap di Sanaa, ibu kota kuno Yaman, terutama karena kota tersebut memberikan kesan bahwa kota itu selalu dihuni.

Tradisi lokal cenderung mendua pada pertanyaan itu. Salah satunya, seorang putra Nuh dikatakan telah mendirikan kota itu, sementara yang lain menelusuri asal-usulnya hingga pemukiman pra-Islam sekitar 2.500 tahun yang lalu.

Kota Tua tidak besar tetapi masih mudah membuat orang tersesat karena gang-gangnya yang berkelok-kelok. Di sana, struktur mirip roti jahe yang tinggi dan padat muncul dari bumi.

Rumah menara ini terbuat dari tanah yang ditumbuk, batu bata yang dibakar, dan gipsum putih. Mereka secara estetis mengikuti pola dekorasi kontras tinggi namun harmonis yang meningkatkan penempatan jendela dan lantai bangunan.

Di tempat lain, menara mengintip melalui cakrawala kota metropolis kuno, sementara di permukaan tanah, taman yang rimbun memberikan keteduhan dan mata pencaharian bagi para pedagang.



Kota Tua Sanaa: Situs Warisan Dunia yang Terancam oleh Perang dan Pengabaian

Masjid Pertama

Lebih dari seratus masjid dan 6.000 rumah dibangun di Sanaa sebelum abad ke-11, termasuk Masjid Agung Sanaa, yang diakui sebagai masjid pertama yang dibangun di luar Makkah dan Madinah , selama tahun keenam dalam kalender Hijrah.

Menurut beberapa sumber, sebagaimana dilansir laman Middle East Eye, Nabi Muhammad SAW memerintahkan pembangunannya. Tapi terlepas dari siapa yang menugaskannya, struktur itu tetap menjadi salah satu prestasi arsitektur Islam yang paling awal, dan agama itu telah berdiri kokoh di Sanaa di bawah khalifah keempat, Ali bin Abi Thalib .

Akses ke Kota Tua disediakan oleh sejumlah gerbang yang tersebar di sekitar temboknya yang sebagian diawetkan, di antaranya adalah Bab Al-Yaman (Gerbang Yaman) yang ikonik.

Di dalamnya terdapat pasar yang menjual segala jenis barang dan jasa, termasuk makanan, pakaian, pandai emas, pandai perak, dan kerajinan tangan lainnya. Ada juga kafe seperti Samsarat Wardah, hotel seperti Burj Al Salam, dengan pemandangan kota yang memukau, serta pusat budaya.

“Sanaa adalah hadiah yang diinginkan oleh banyak orang,” tulis Wael al-Ahnomi untuk Pusat Sanaa, mengingat bagaimana situs tersebut menjadi wilayah konflik selama Kekhalifahan Abbasiyah, dari abad ke-8 hingga ke-13, ketika Ziyadid lokal, Rasulid, dan dinasti Yu'furid semuanya melihat penguasaan Sanaa sebagai cara untuk memperluas wilayah mereka.

Kota yang pernah menjadi ibu kota Yaman Aksumite ini juga merupakan pusat multiagama selama berabad-abad. Kuartal Yahudi, yang didirikan sekitar abad ke-17 di bagian barat Kota Tua, mengenang masa ketika orang Yahudi dan Kristen hidup berdampingan bersama Muslim di Sanaa.



Situs Warisan Dunia dalam Bahaya

Kota Tua Sanaa hari ini menjadi saksi era konstruksi pra-Islam, Islam, dan Ottoman, yang disebut Ahnomi sebagai "catatan material sejarah kota".

Baru-baru ini, orang Barat menemukan kembali keindahan Sanaa melalui film dokumenter Pier Paolo Pasolini, The Walls of Sana'a (1971), yang, setelah bertahun-tahun ketika aksesnya sulit bagi orang asing, mengungkapkan sebuah situs dengan keindahan yang menakjubkan. Pasolini jatuh cinta dengan Kota Tua dan sering dipuji karena tanpa lelah mengadvokasi pelestariannya.

"Banding" untuk menyelamatkan Old Sanaa ini memuncak pada tahun 1986 ketika Unesco memberikan status Warisan Dunia Kota Tua sebagai pengakuan atas "nilai universal yang luar biasa".

Namun, butuh waktu kurang dari 30 tahun – satu generasi – agar situs tersebut masuk dalam Daftar Warisan Dunia dalam bahaya organisasi tersebut, pada tahun 2015.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1615 seconds (0.1#10.140)