4 Amalan Wanita Bisa Masuk Surga Lewat Pintu Mana Saja

Minggu, 14 Mei 2023 - 07:15 WIB
loading...
4 Amalan Wanita Bisa Masuk Surga Lewat Pintu Mana Saja
Seorang perempuan bisa masuk surga lewat pintu mana saja apabila ia mengerjakan empat amalan ini. Foto/dok Amrkhaled
A A A
Kedudukan perempuan dalam Islam sangatlah istimewa. Meski memiliki keterbatasan dibanding laki-laki, amalan perempuan bisa menyamai amal-laki-laki.

Bahkan kaum perempuan bisa masuk surga lewat pintu saja apabila mengerjakan empat amalan ini. Surga bagi kaum wanita sebenarnya tidaklah sulit jika dapat mengamalkan apa yang disabdakan oleh Rasulullah SAW berikut.

Dari Abdurrahman bin 'Auf radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا صَلَّتْ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا، وَصَامَتْ شَهْرَهَا، وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا؛ قِيلَ لَهَا ادْخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

Artinya: "Jika seorang wanita menunaikan salat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan menaati suaminya, niscaya akan dikatakan padanya: 'Masuklah ke dalam surga dari pintu manapun yang kau mau." (HR Ahmad)

Amalan yang Menyamai Amal Laki-laki
Ada amalan yang bisa dikerjakan kaum wanita namun pahalanya menyamai amal laki-laki. Amalan apakah itu?

Dalam riwayat diceritakan kisah seorang perempuan Sahabiyah yang bertanya kepada Rasulullah SAW tentang amalan perempuan yang terbatas sehingga tidak bisa menyamai amal laki-laki.

Wanita itu datang kepada Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam yang kala itu sedang duduk-duduk bersama para sahabat. Wanita itu berkata, "Ya Rasulallah, saya datang kepadamu sebagai utusan seluruh wanita Madinah."

Kemudian Rasulullah mempersilakan dia duduk dan berbicara. Wanita itu melanjutkan, "Sesungguhnya Allah mengutusmu kepada seluruh laki-laki dan wanita, maka kami pun para wanita beriman kepadamu dan kepada Tuhanmu. Namun kami para wanita selalu dalam keterbatasan beramal. Kami hanya beraktivitas di dalam rumah, tempat menyalurkan hasrat suami, mengandung dan merawat anak-anak. Sementara kalian kaum laki-laki mengungguli kami dalam amal yang kami tidak mampu mengerjakannya. Kalian salat Jumat, shalat berjamaah di masjid, menjenguk orang sakit, mengantar jenazah, berhaji kapan pun mau, dan yang lebih utama dari itu yang membuat kami iri adalah jihad fi sabilillah."

"Padahal bila kalian pergi untuk haji atau berjihad maka kamilah kaum wanita yang menjaga harta kalian, yang mengurus pakaian kalian dan yang merawat anak-anak. Bisakah kami mendapatkan pahala seperti kaum lelaki?"

Nabi shalallahu 'alaihi wasallam berbalik menghadap kepada para sahabat, kemudian bersabda: "Apakah kalian pernah mendengar pertanyaan tentang urusan agama yang lebih baik daripada pertanyaan wanita ini?"

Para sahabat menjawab: "Ya Rasulallah, kami tidak pernah menyangka ada wanita yang bisa bertanya seperti ini."

Nabi kembali menghadap kepada wanita itu seraya bersabda: "Ketahuilah olehmu, dan sampaikan ini kepada seluruh wanita di belakangmu. Bahwa ketaatan seorang istri dan ia memperoleh ridha suaminya, itu menyamai semua amal-amal yang tadi engkau sebutkan!"

Wanita itu kemudian berlalu dengan wajah berseri-seri. Ia bergegas untuk segera menyampaikan kabar gembira itu kepada wanita muslimah di Madinah.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1999 seconds (0.1#10.140)