Keutamaan dan Faedah Membaca Doa Keluar Rumah

Senin, 15 Mei 2023 - 07:05 WIB
loading...
Keutamaan dan Faedah Membaca Doa Keluar Rumah
Jangan pernah meninggalkan doa ini ketika keluar rumah karena memiliki keutamaan dan faedah luar biasa. Foto/dok Pinterest
A A A
Keutamaan membaca doa keluar rumah penting diketahui kaum muslim. Redaksinya tergolong pendek, namun faedahnya luar biasa.

Bagi Anda yang hendak keluar rumah jangan pernah meninggalkan doa ini. Karena Rasulullah SAW saat keluar rumah senantiasa membaca doa ini.

Dari Anas radhiyallahu 'anhu menceritakan bahwa Rasulullah SAW apabila keluar dari rumahnya, beliau bersabda:

مَنْ قَالَ -يعنِي إِذَا خَرَج مِنْ بيْتِهِ-: بِسْم اللَّهِ توكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، وَلا حوْلَ وَلا قُوةَ إلاَّ بِاللَّهِ، يقالُ لهُ هُديتَ وَكُفِيت ووُقِيتَ، وتنحَّى عَنْهُ الشَّيْطَانُ

Artinya: "Siapa yang membaca (doa ini) jika keluar dari rumahnya, akan dikatakan kepadanya, 'Kamu akan dicukupkan, dijaga dan diberi petunjuk', dan setan pun akan menyingkir darinya." (HR Abu Daud, An-Nasa'i, At-Tirmidzi)

Berikut Doanya:

بِسْم اللَّهِ توكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، وَلا حوْلَ وَلا قُوةَ إلاَّ بِاللَّهِ

Bismillahi tawakkaltu 'alallah, laa hawla wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya: "Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya." (HR Abu Daud, An-Nasa'i, At-Tirmidzi)

Keutamaan dan Faedah:
1. Siapa yang membaca doa ini akan dicukupkan oleh Allah. Artinya, ia diberi kecukupan dan dimudahkan dalam setiap urusan atau hajat yang dilakukannya.

2. Mendapat penjagaan dari Allah. Orang yang membaca doa ini akan dijaga dan diberi petunjuk di jalan Allah. Orang yang diberi petunjuk oleh Allah maka tidak ada yang dapat menyesatkannya. Artinya, ia akan selalu dalam penjagaan Allah.

3. Dilindungi dari gangguan setan. Artinya, jika ada setan yang akan mengganggunya, maka setan yang lain akan berkata "Bagaimana mungkin engkau bisa mengganggu orang yang telah mendapat petunjuk, kecukupan dan perlindungan dari Allah."

Selain doa di atas, bisa juga membaca Ayat Kursi (Surat Al-Baqarah ayat 255). Dikisahkan, Ayat Kursi diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW pada waktu malam. Ayat ini dibawa oleh Malaikat Jibril dan diiringi 70 ribu Malaikat yang mulia.

Faedah membaca Ayat Kursi ketika keluar rumah, maka para Malaikat akan menjaganya dari segala gangguan. Semoga bermanfaat.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1330 seconds (0.1#10.140)