Bebas dari Penjara Guantanamo, Mansoor Adayfi: InsyaAllah Keliling Dunia

Rabu, 17 Mei 2023 - 13:05 WIB
loading...
Bebas dari Penjara Guantanamo, Mansoor Adayfi: InsyaAllah Keliling Dunia
Mansoor Adayfi: eks tahanan Guantanamo. Foto: twitter
A A A
Mansoor Adayfi adalah warga negara Yaman . Dia menghabiskan 14 tahun di Teluk Guantanamo karena ditahan pemerintah Amerika Serikat tanpa alasan. Kini paspornya telah dipulihkan.

Adayfi mengumumkan kabar baiknya itu dalam unggahan di Twitter. Dia berterima kasih kepada pengacaranya dan berkata, "Setelah enam tahun bekerja keras, paspor saya diterbitkan. InsyaAllah, saya akan bisa bepergian. Wow! Akhirnya. Keliling dunia."



Lelaki ini berusia 18 tahun ketika ditangkap di Afghanistan , beberapa bulan sebelum dia mulai kuliah. Dia ditahan tanpa dakwaan sampai dia berusia 32 tahun.

Begitu dia dibebaskan dari Guantanamo, dia dilarang kembali ke Yaman tempat keluarganya tinggal karena "risiko keamanan untuk mengembalikan tahanan ke negara yang dianggap tidak stabil," demikian Kongres AS sebagaimana dilansir Middle East Eye (MEE) pada Selasa, 16 Mei 2023

Yaman menolak memberikan paspor kepada Adayfi. Dia dikirim ke Serbia dan secara efektif tidak memiliki kewarganegaraan - sampai sekarang.

MEE menyebut 30 tahanan dibui di kantong milik AS di Kuba . Sebagian besar ditahan tanpa dakwaan resmi. Lebih dari separuh tahanan Guantanamo memenuhi syarat untuk dipindahkan.



Hampir 86% tahanan di Guantanamo ditangkap setelah AS membagikan selebaran di Pakistan dan Afghanistan yang menawarkan hadiah besar untuk "orang yang mencurigakan".

Dari mereka yang ditahan, 55% bertekad untuk tidak melakukan tindakan permusuhan terhadap AS atau sekutu koalisinya dan hanya 8% yang dicirikan sebagai pejuang al-Qaeda.

Tahanan terakhir yang dibebaskan adalah Said bin Brahim bin Umran Bakush pada bulan April. Dia dibebaskan ke negara asalnya Aljazair.

Ini adalah pembebasan keenam tahanan Guantanamo oleh Presiden AS Joe Biden dalam enam bulan terakhir.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2005 seconds (0.1#10.140)