Cuaca di Arab Diperkirakan 41 Derajat Celcius, Jemaah Haji Diimbau Sering Minum

Selasa, 23 Mei 2023 - 19:38 WIB
loading...
Cuaca di Arab Diperkirakan 41 Derajat Celcius, Jemaah Haji Diimbau Sering Minum
Warga setempat dan petugas haji Indonesia menyusuri jalanan Kota Madinah, Selasa (23/5/2023). Foto: SINDOnews/Sucipto
A A A
JAKARTA - Cuaca di Arab Saudi diperkirakan mencapai 41 derajat celcius saat jemaah haji tiba. Jemaah haji Indonesia diimbau sering minum untuk menghindari dehidrasi.

Jemaah haji Indonesia yang masuk kelompok terbang (Kloter) l dijadwalkan tiba di Arab Saudi pada Rabu, 24 Mei 2023. Mereka akan tiba di Bandara Prince Amir Mohammad bin Abdul Azis Madinah pada pukul 06.20 waktu setempat.



Saat tiba di Arab Saudi, jemaah haji kloter pertama akan menghadapi cuaca cukup panas dengan suhu mencapai 41 derajat celsius.

Sekretaris Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Madinah Abdillah mengatakan, suhu di Madinah hari ini masih di bawah 40 derajat celcius.

"Panasnya tidak langsung menyengat, tapi lama-lama terasa di kulit. Ada kemungkinan saat jemaah haji datang cuaca mencapai 41 derajat celcius," ujar Abdillah di Kantor Urusan Haji di Madinah, Senin (22/5/2023).
Cuaca di Arab Diperkirakan 41 Derajat Celcius, Jemaah Haji Diimbau Sering Minum

Suasana Kota Madinah yang panas terik menjelang jemaah haji Indonesia tiba. Foto: SINDOnews/Sucipto

Dia menyarankan jemaah haji mempersiapkan diri menghadapi cuaca panas. Salah satunya dengan memakai sunblock dan lip balm. Tidak hanya itu, jemaah disarankan membawa botol minum yang bisa diisi air zam zam dari Masjid Nabawi.

"Minum minimal seteguk tiap setengah jam walaupun tidak terasa haus. Jemaah juga bisa membawa semprotan air untuk sesekali disemprotkan ke wajah," katanya.

Diketahui, jemaah haji Kloter l yang berjumlah sekitar 5.000 jemaah mulai diberangkatkan pada Selasa 23 Mei 2023. Mereka diperkirakan tiba keesokan harinya. Selanjutnya, jemaah haji akan menuju hotel penginapan.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1357 seconds (0.1#10.140)