Kloter Calhaj Pertama Berangkat 24 Mei, Partai Perindo: Selamat, Jaga Kebugaran Selama Ibadah Haji

Selasa, 23 Mei 2023 - 19:42 WIB
loading...
Kloter Calhaj Pertama Berangkat 24 Mei, Partai Perindo: Selamat, Jaga Kebugaran Selama Ibadah Haji
Ketua Bidang Keagamaan DPP Partai Perindo Abdul Khaliq Ahmad, memberikan ucapan selamat jalan para calon jemaah haji (calhaj) Indonesia. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Bidang Keagamaan DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Abdul Khaliq Ahmad memberikan ucapan selamat jalan kepada para calon jemaah haji (calhaj) Indonesia. Diketahui, para calhaj ini mulai diberangkatkan pada Rabu 24 Mei 2023.

Tahun ini, Indonesia mendapatkan kuota haji 221 ribu dan tambahan delapan ribu yang terakhir bertolak ke Arab Saudi pada 22 Juni.

" Partai Perindo menyampaikan selamat jalan para tamu Allah, semoga menjadi haji mabrur dan semakin meningkat kesalehannya baik secara pribadi maupun sosial," kata Khaliq, Selasa (23/5/2023).

Abdul Khaliq Ahmad yang merupakan bacaleg DPR RI dari Partai Perindo Dapil Jawa Barat II (Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat) itu meminta kepada para calhaj, untuk benar-benar mempersiapkan diri baik fisik maupun mental guna kelancaran keberangkatan.

Untuk itu, Khaliq politikus Partai Perindo, partai yang dikenal peduli rakyat kecil, gigih memperjuangkan penciptaan lapangan kerja, dan Indonesia sejahtera itu, memberikan penjelasan terkait apa saja yang perlu dipersiapkan.



Pertama, harus tetap dalam kondisi kesehatan dan fisik yang prima, karena haji sesungguhnya ibadah fisik.

Kedua, pastikan seluruh dokumen haji terbawa dan aman serta selalu melekat di dalam tas khusus untuk menyimpan dokumen haji yang diperlukan.

"Ketiga, perlengkapan dan keperluan pakaian yang cukup untuk digunakan selama pelaksanaan ibadah haji. Keempat, persiapkan obat-obatan dan alat kesehatan pribadi utk digunakan dalam keadaan darurat," katanya.

Kelima lanjut Khaliq, persiapkan makanan dan suplemen, khusus untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar selama beribadah. Keenam, pelajari dan pahami manasik haji, terutama yang terkait dengan syarat, rukun dan wajib haji, serta larangan-larangan haji.

Ketujuh, fokuskan diri utk beribadah dan hindari kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat selama melaksanakan ibadah haji.

Kemudian, Khaliq mengatakan, Partai Perindo, partai yang ditetapkan KPU bernomor urut 16 pada kertas suara Pemilu 2024 itu memberikan tips agar para calhaj terjaga secara kesehatan dan kebugaran selama pelaksanaan ibadah haji.

Khaliq menyebutkan, perbanyak minum air putih meskipun tidak haus untuk mencegah dehidrasi, mengingat kondisi cuaca di Arab Saudi berbeda jauh dengan Indonesia.

Selanjutnya, memperbanyak makan buah-buahan untuk menjaga energi dan ketahanan tubuh serta dibarengi dengan olahraga ringan serta berjalan kaki untuk tubuh tetap bugar.

"Hindari sengatan mata hari secara langsung dan perbanyak kegiatan ibadah di dalam ruangan untuk menghindari cuaca ekstrem di Tanah Suci," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1538 seconds (0.1#10.140)