Jangan Buru-buru Pergi Setelah Sholat Subuh dan Maghrib, Amalkan Zikir ini 10 Kali

Rabu, 24 Mei 2023 - 00:01 WIB
loading...
Jangan Buru-buru Pergi Setelah Sholat Subuh dan Maghrib, Amalkan Zikir ini 10 Kali
Setelah selesai sholat Subuh dan Maghrib tetaplah dengan posisi duduk tasyahud akhir hingga selesai membaca zikir 10 kali dan doa perlindungan. Foto/dok Islam.gov.my
A A A
Jika Anda mengerjakan sholat Subuh dan Maghrib jangan buru-buru beranjak pergi. Tetaplah di tempat sholat dengan posisi duduk tasyahud akhir atau duduk tawarruk.

Ada satu amalan zikir setelah sholat Subuh dan Maghrib memiliki fadhillah besar. Bagi yang mengamalkannya maka ia akan mendapat banyak keutamaan. Di antaranya, diberi sepuluh kebaikan, dihapus sepuluh dosanya, diangkat derajatnya, dijaga dari perkara yang dibenci dan menjadi perisai dari gangguan setan.

1. Membaca Zikir Ini 10 Kali
Zikir ini dibaca setelah sholat Subuh dan Maghrib dalam posisi masih duduk tahiyyat akhir. Berikut bacaan zikirnya:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ, لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ, يحيي ويميت, وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Laa ilaha illallahu wahdahu laa Syarika lah, Lahul Mulku wa Lahul hamdu, Yuhyii wa Yumiitu, wa Huwa 'ala Kulli Syai-in Qodiir.

Artinya: "Tiada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan segala pujian. Dialah yang menghidupkan dan mematikan, dan Dialah yang Yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu."

Keutamaan:
Dari Abu Dzar berkata, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang membacanya selepas sholat Subuh, dalam keadaan kakinya masih keadaan tasyahud akhir, sebelum berkata-kata sebanyak sepuluh kali, maka ditulis baginya sepuluh kebaikan, dihapus darinya sepuluh kejahatan (dosa), diangkat baginya sepuluh derajat (kedudukan). Dan dia pada hari itu terjaga dari segala perkara yang dibenci, terbentang daripada setan, serta tidak ada suatu dosa yang dapat membinasakannya pada hari itu kecuali syirik (menyekutukan) Allah." (HR at-Tarmizi dengan sanad Hasan, Imam at-Thobrani menyebutnya di dalam al-Aushot dan al-Kabir. Lihat juga Shahih at-Targhib wa at-Tarhib: 1/306) Imam an-Nasa'i menambahkan: "Dan baginya setiap yang dibacanya pahala seumpama membebaskan seorang hamba."

2. Membaca Doa Ini 7 Kali
Setelah membaca zikir di atas, dilanjutkan membaca doa ini sebanyak 7 kali"

اللَّهُمَّ أَجِرْني مِنَ النَّار

Allahumma Ajirnii Minannaar

Artinya: "Ya Allah, peliharalah kami dari api neraka."

Keutamaan:
Dari Al-Harith bin Muslim dari ayahnya berkata: Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila kamu selesai menunaikan sholat Shubuh, maka bacalah sebelum kamu berkata-kata: "Allahumma Ajirna Minannar" tujuh kali, maka sekiranya kamu meninggal pada hari itu, Allah menulis bagimu perlindungan dari api neraka. Dan apabila kamu selesai menunaikan sholat Maghrib, maka bacalah sebelum kamu berkata-kata: "Allahumma ajirna minnar" tujuh kali, maka sekiranya kamu meninggal pada malam itu, Allah menulis bagimu perlindungan daripada api neraka." (HR Abu Dawud dan an-Nasa'i)

3. Membaca Doa Keselamatan
Setelah membaca kedua zikir dan doa di atas, dilanjutkan membaca doa keselamatan berikut. Setelah barulah membaca Tasbih 33 kali, Tahmid 33 kali dan Takbir 33 kali (ditutup kalimat takbir dan Hauqalah 1 kali).

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام

Allahumma Antassalam, wa minkassalam, wa ilaika ya'uudussalam, fahayyina Robbana bissalam, wa adkhilnal jannata daarossalam, tabarokta Robbana wa ta'aalayta, yaa dzal jalaali wal ikram.

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah Zat yang memberi keselamatan (kesejahteraan), hanya dari-Mu lah keselamatan (kesejahteraan) dan kepada-Mu lah segala keselamatan (kesejahteraan) itu kembali. Maka hidupkanlah kami Ya Allah dengan selamat (sejahtera), masukkan kami ke dalam surga rumah keselamatan (kesejahteraan), Engkaulah Zat yang berkah wahai Tuhan kami dan Maha luhur Engkau, Ya Tuhan kami zat yang memiliki keagungan dan kemuliaan." (HR Muslim)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2090 seconds (0.1#10.140)