Doa dan Dzikir Setelah Sholat Subuh Lengkap Terjemahan

Jum'at, 11 November 2022 - 23:26 WIB
loading...
Doa dan Dzikir Setelah Sholat Subuh Lengkap Terjemahan
Doa dan berdzikir setelah sholat Subuh hingga matahari terbit memiliki fadhilah besar, di antaranya mendapat pahala Haji dan Umrah. Foto/ist
A A A
Bacaan doa dan dzikir setelah Sholat Subuh termasuk amalan yang sangat dianjurkan. Keutamaan berdzikir setelah sholat Subuh ini diterangkan dalam Hadis dari Anas radhiyallahu 'anhu.

Rasulullah ﷺ bersabda: "Siapa yang mendirikan sholat Subuh berjamaah, kemudian duduk dan berdzikir kepada Allah hingga terbitnya matahari, kemudian mendirikan sholat dua rakaat, maka bagaikan pahalanya haji dan umrah dengan sempurna, dengan sempurna, dengan sempurna." (HR at-Tirmidzi)

Dalam Al-Qur'an, Allah juga memerintahkan orang beriman agar memperbanyak tasbih pada waktu padi dan petang. "Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang." (QS. Al-Ahzab ayat 41-42)

Berikut bacaan doa dan dzikir setelah sholat Subuh lengkap Arab dan terjemahan.
1. Istighfar 3 Kali.
2. Membaca kalimat Tauhid 10 Kali.
3. Membaca Doa Perlindungan dari Neraka 7 Kali.
4. Membaca doa keselamatan 1 Kali.
5. Membaca Doa Tauhid 1 Kali.
6. Membaca Surat Al-Fatihah 1 Kali.
7. Membaca Ayat Kursi 1 Kali.
8. Membaca Surah Al-Ikhlas 3 Kali.
9. Membaca Surah Al-Falaq dan An-Nas 1 Kali.
10. Membaca Tasbih 33 kali, Tahmid 33 kali, Takbir 33 Kali.
11. Membaca Kalimat Takbir dan Hauqalah 1 Kali.
12. Doa Setelah Dzikir.

1. Istighfar 3 Kali (mempertahankan posisi kaki)

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullaahal-'Azhiim, Alladzii Laa Ilaaha Illaa Huwalhayyul-Qayyuum, wa Atuubu Ilaiih.

Artinya: "Aku memohon ampunan Allah yang Maha agung, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dzat yang Maha hidup kekal abadi dan terus menerus mengurus makhluk-Nya tiada henti. Dan aku bertaubat kepada-Nya." (HR Muslim)

2. Dzikir Kalimat Tauhid (dibaca 10 kali)

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Laa ilaha illallahu wahdahu laa syarika lah, lahul Mulku wa lahul hamdu Yuhyi wa Yumiitu wa Huwa 'ala kulli syai-in qodiir.

Artinya: "Tiada Tuhan yang haq disembah kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Hanya milik-Nya segala kerajaan dan hanya milik-Nya segala pujian, yang menghidupkan dan mematikan. Dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu." (HR Muslim)

3. Doa Perlindungan dari Neraka (dibaca 7 Kali)

اَللَّهُمَّ أَجِرْنِـي (أَجِرْنَا) مِنَ النَّارِ

Allohumma Ajirnii Minan-Naar.

Artinya: "Ya Allah, peliharalah aku dari api neraka." (HR Abu Dawud, An-Nasa'i)

4. Dzikir Keselamatan

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام

Allahumma Antassalam, wa minkassalam, wa ilaika ya'uudussalam, fahayyina Robbana bissalam, wa adkhilnal jannata daarossalam, tabarokta Robbana wa ta'aalayta, yaa dzal jalaali wal ikram.

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah Zat yang memberi keselamatan (kesejahteraan), hanya dari-Mu lah keselamatan (kesejahteraan) dan kepada-Mu lah segala keselamatan (kesejahteraan) itu kembali. Maka hidupkanlah kami Ya Allah dengan selamat (sejahtera), masukkan kami ke dalam surga rumah keselamatan (kesejahteraan), Engkaulah Zat yang berkah wahai Tuhan kami dan Maha luhur Engkau, Ya Tuhan kami zat yang memiliki keagungan dan kemuliaan." (HR Muslim)

(Setelah membaca doa ini, baru mengubah posisi kaki menjadi duduk bersila)

5. Doa Tauhid

اَللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مَنْكَ الْجَدُّ, لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma la mani a lima a thaita wa la mu'thiya lima mana'ta wa la yanfa'u dzal jadii minkal jaddu, la ilaha illa Anta.

Artinya: "Ya Allah, tidak ada yang dapat menolak terhadap apa yang Engkau beri dan tidak ada yang dapat memberi terhadap apa yang Engkau tolak dan orang yang memiliki kekayaan tidak dapat menghalangi dari siksa-Mu. Tidak ada Tuhan selain Engkau." (HR Al-Bukhari)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3898 seconds (11.252#12.26)