Osman Hamdi Bey: Artis, Arkeolog, dan Pelindung Warisan Ottoman

Rabu, 24 Mei 2023 - 14:01 WIB
loading...
Osman Hamdi Bey: Artis, Arkeolog, dan Pelindung Warisan Ottoman
Lukisan Osman Hamdi Bey tahun 1880 berjudul Gadis Membaca Al-Quran terjual US$7,7 juta atau setara dengan Rp114,730 miliar pada lelang tahun 2019. Foto/Ilustrasi: MEE
A A A
Osman Hamdi Bey namanya. Pelukis yang berprestasi ini, bukan sekadar seniman. Dia adalah seorang arkeolog sebagai pelindung warisan Ottoman . Hamdi Bey adalah tokoh kunci dalam mendefinisikan kembali seni Ottoman dan membangun banyak institusi budaya kekaisaran.

Putra İbrahim Edhem Pasha, seorang Vizier Agung Utsmaniyah (menjabat 1877–1878), ini lahir pada tahun 1842. Sebagai seorang seniman dan arkeolog, Hamdi Bey datang untuk mewujudkan penetrasi seni Barat ke dalam kehidupan elit Utsmaniyah sekaligus melindungi harta sejarahnya yang tak terhitung jumlahnya dari penjarahan oleh para petualang Barat.

Nama Hamdi Bey tidak begitu dikenal di kalangan elit di luar Turki . Kendati demikian, ia mencatatkan prestasi gemilang. Lukisannya terjual dengan harga paling mahal oleh seniman Turki.
Osman Hamdi Bey: Artis, Arkeolog, dan Pelindung Warisan Ottoman

Middle East Eye (MEE) mencatat lukisannya tahun 1880 berjudul "Gadis Membaca Al-Quran" terjual US$7,7 juta atau setara dengan Rp114,730 miliar pada lelang tahun 2019. Angka ini memecahkan rekor sebelumnya, yang juga dipegang oleh Hamdi Bey, untuk lukisan "In Front of the Mosque", yang terjual US$4,5 juta atau setara Rp67 miliar pada tahun 2016.

Lukisannya yang paling terkenal, "The Tortoise Trainer", terjual seharga US$3,5 juta atau setara Rp52,2 miliar pada tahun 2004.

Tetapi menganggap Hamdi Bey dan karya seninya sebagai produk eksklusif dari tanah Ottoman adalah sebuah kesalahan.

Seniman ini hidup di tengah sintesis budaya Eropa dan Islam yang muncul di kalangan elite Ottoman pada abad ke-19.

Seperti kebanyakan orang sezamannya, sang ayah mengirim Hamdi Bey ke Paris untuk pendidikannya. Dia awalnya belajar hukum sebelum memutuskan untuk menekuni seni.



Pengalaman di Eropa berdampak besar pada kehidupan pemuda Utsmani. Di Prancis, dia bertemu dengan istri pertamanya Marie dan belajar di bawah bimbingan seniman orientalis, seperti Jean-Leon Gerome dan Gustave Boulanger.

Yang pertama mungkin menghasilkan salah satu karya paling terkenal dalam tradisi orientalis.

Gerome's The Slave Market menggambarkan pria berjubah timur dan serban sedang memeriksa seorang wanita muda telanjang untuk dijual. Gambar tersebut memperkuat stereotip Muslim sebagai kejam dan didorong oleh kedagingan. Hal demikian itu diberi kesempatan hidup baru oleh partai sayap kanan Alternatif untuk Jerman pada tahun 2019 dalam kampanye poster peringatan terhadap migrasi Muslim ke Eropa.

Pengaruh Orientalis pada karya-karya Hamdi Bey terlihat jelas. Dalam pilihan pakaian yang eksotis untuk sebagian besar subjeknya dan kecenderungannya untuk membuat pilihan gaya yang serupa dengan orang lain dalam tradisi. Namun demikian, artis Turki itu menampilkan adegannya dengan cara yang lebih simpatik daripada mentornya.

Subjek Hamdi Bey membaca Al-Quran, melatih kura-kura, bersosialisasi di luar masjid, dan tawar-menawar karpet Persia.

Sementara adegan-adegannya mungkin terjadi dalam kerangka artistik yang dibuat oleh para pendahulu Barat, subjek Hamdi Bey dalam beberapa kasus mengalihkan pandangan mereka kembali ke Barat.

Terkemuka dalam hal ini adalah "Persian Carpet Dealer on the Street", di mana seorang pria Muslim berjubah hijau menatap matanya dengan rasa ingin tahu terhadap seorang pengunjung Barat yang sibuk dalam tawar menawar.
Osman Hamdi Bey: Artis, Arkeolog, dan Pelindung Warisan Ottoman




Lukisan itu mungkin berfungsi sebagai ringkasan dari Hamdi Bey sendiri, seseorang yang tertarik dengan kemajuan ide-ide Barat tetapi masih betah di tanah air Muslimnya.

Melestarikan Warisan Ottoman

Tapi sama pentingnya dengan seni Hamdi Bey, lukisannya hanya menandai karir yang sebagian besar didedikasikan untuk penemuan dan pelestarian warisan tanah yang dikuasai Ottoman.

Intelektual Ottoman ini meninggalkan Eropa pada tahun 1869 dan menjadi direktur Departemen Luar Negeri Provinsi di Baghdad.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2885 seconds (0.1#10.140)