Ribuan Jemaah Haji Indonesia Salat Jumat Perdana di Masjid Nabawi

Jum'at, 26 Mei 2023 - 15:52 WIB
loading...
Ribuan Jemaah Haji Indonesia Salat Jumat Perdana di Masjid Nabawi
Ribuan jemaah haji dari berbagai negara hari ini melaksanakan Salat Jumat perdana di Masjid Nabawi. Foto/Sucipto
A A A
JAKARTA - Ribuan jemaah haji dari berbagai negara hari ini melaksanakan Salat Jumat perdana di Masjid Nabawi. Tampak jemaah haji Indonesia berangsur-angsur mulai memadati Madinah.

Mereka datang dari berbagai tempat penginapan yang berada di Markaziyah atau Kompleks Masjid Nabawi. Jarak hotel dengan masjid yang hanya sekitar 100 meter ini membuat jemaah haji antusias datang ke masjid.

Salah satunya, Sukarman (70) jemaah haji kloter pertama asal DKI Jakarta. Jemaah haji yang menginap di Artal International Hotel Company ini mengatakan, datang ke Masjid Nabawi untuk melaksanakan Sholat Jumat.





"Saya mau ke masjid, mau Sholat Jumat," ujarnya, Jumat (27/5/2023).

Dia mengaku, salat ke Masjid Nabawi merupakan bagian dari ibadah Arbain yang sudah dijalaninya sejak tiba di Madinah dua hari lalu. Apalagi jarak antara tempat penginapan ke masjid terbilang cukup dekat.

"Mumpung di sini (Madinah) saya ingin perbanyak ibadah," ucap warga Cengkareng, Jakarta Barat itu.

Hal senada dikatakan Abu Salam Sayuti, jemaah haji Kloter 2 asal Cianjur, Jawa Barat. Ditemui di Pos 21, Abu yang mengalami sakit di bagian pinggangnya ini mengaku akan melaksanakan Salat Jumat di Nabawi.

Namun karena sakit, dirinya memilih untuk beristirahat di Pos 21. Sedangkan rombongan yang dibawanya tetap melanjutkan ke masjid.

“Saya baru sampai semalam. Tadi saya sama rombongan memang ingin Jumatan di masjid,” katanya.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga saat ini sudah 13.407 jemaah haji Indonesia dari 34 kloter telah tiba di Madinah. Mereka tersebar di berbagai penginapan di sekitar Masjid Nabawi.
(rca)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)