Suka Duka Sainah Calon Jemaah Haji Tertua dari Depok

Minggu, 28 Mei 2023 - 03:28 WIB
loading...
Suka Duka Sainah Calon Jemaah Haji Tertua dari Depok
Sainah warga Beji Timur menjadi calon jemaah haji tertua asal Depok, Jawa Barat pada 2023 yang diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi. Foto: Dok Diskominfo Depok
A A A
DEPOK - Sainah warga Beji Timur menjadi calon jemaah haji tertua asal Depok, Jawa Barat pada 2023 yang diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi. Nenek berusia 92 tahun ini tergabung dalam jemaah gelombang pertama atau kloter 10 Kota Depok yang dijadwalkan berangkat pada Minggu (28/5/2023).

Sainah berangkat hanya seorang diri. Namun, dirinya dipastikan dalam kondisi sehat dan layak terbang. "Senang sekali pas tahu berangkat tahun ini, tapi sedih juga karena hanya sendiri tanpa didampingi anak," kata Sainah dikutip dari laman resmi Pemkot Depok, Sabtu (27/5/2023).

Sainah yang merupakan warga RT 2 RW 2 Beji Timur, Beji, Depok telah menunggu keberangkatan sejak 10 tahun silam. Ia bercerita saat 2013 mendaftar bersama anaknya bernama Raynah.





Namun, harapan bisa berangkat bersama kandas lantaran hanya dirinya yang terdaftar menjadi calon jemaah haji tahun ini. Ia mengaku telah siap menjalani ibadah haji tahun ini.

"Insyaallah saya siap menjalani ibadah haji tahun ini dengan segala persiapan yang ada," ucapnya.

Sementara itu, Raynah sang anak mengatakan meski tidak bisa mendampingi tetap berharap sang ibunda diberikan kesehatan dan kelancaran dalam menjalani ibadah di Tanah Suci Mekkah.

"Mudah-mudahan emak (ibu) sehat selalu bisa melakukan ibadah haji yang wajib dan sunnah, jadi yang haji mabrur, bisa kumpul lagi sama keluarga di Kota Depok," ucap Raynah.

Sebelumnya, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok Yuli Rahmawati menjelaskan, pelaksanaan haji tahun ini fokus kepada jemaah calhaj lansia. Hal ini sejalan dengan tagline Haji 2023, yaitu Haji Ramah Lansia.

"Dari kuota 1.660, sebanyak 30 persennya atau 450 calhaj di Depok kategori lansia usia 65 tahun ke atas yang akan berangkat tahun ini," kata Yuli dalam keterangannya, Rabu (24/5/2023).

Yuli merinci, ribuan calhaj tersebut terdiri dari 841 jemaah lunas tunda yang batal berangkat pada 2020 akibat Pandemi Covid-19. Kemudian, 773 jemaah urut porsi, dan 46 jemaah lansia prioritas yang ditetapkan langsung oleh Kemenag Pusat.

Yuli mengungkap bahwa lansia prioritas usia tertua yakni 96 tahun dan termuda 81 tahun. "Lansia prioritas yang akan berangkat tahun ini paling muda berusia 81 tahun dan tertua 96 tahun," ucapnya.
(rca)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2416 seconds (0.1#10.140)