Khasiat Surah Al-Maidah, Mengamankan Harta dari Pencurian

Minggu, 28 Mei 2023 - 17:00 WIB
loading...
Khasiat Surah Al-Maidah, Mengamankan Harta dari Pencurian
Ayat-ayat al-Quran menjadi penyembuh. Masing-masing punya keistimewaan. Foto/Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" menyampaikan keistimewaan dan khasiat surah-surah Al-Quran dalam menyembuhkan berbagai penyakit.

Saat menjelaskan tentang keistimewaan surah Al-Maidah , Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa menulisnya dan meletakkannya di rumahnya atau di petinya atau lemari besinya maka hartanya aman dari pencurian.

Surah Al-Ma'idah adalah surah ke-5 dalam Al-Qur'an. Surah ini terdiri dari 120 ayat dan termasuk golongan surah Madaniyah. Sekalipun ada ayat-ayatnya yang turun di Makkah , tetapi ayat ini diturunkan sesudah Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, yakni sewaktu peristiwa Haji Wada'.

Surah ini dinamakan Al-Ma'idah (hidangan) karena memuat kisah para pengikut setia Nabi Isa meminta kepada beliau agar Allah menurunkan untuk mereka hidangan makanan dari langit (ayat 112).

Selain itu, Surah Al-Ma'idah juga disebut Al-Uqud (perjanjian), karena kata itu terdapat pada ayat pertama surah ini, yang memuat Allah menyuruh agar hamba-hamba-Nya memenuhi janji terhadap Allah maupun perjanjian-perjanjian yang mereka buat terhadap sesamanya.

Dinamakan juga Al-Munqidz (yang menyelamatkan), sebab pada bagian akhir surah ini memuat kesaksian Isa Al-Masih terhadap kaum pengikutnya.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)