Sakit, 2 Jemaah Haji Tak Bisa Ambil Miqat di Bir Ali

Kamis, 01 Juni 2023 - 21:07 WIB
loading...
Sakit, 2 Jemaah Haji Tak Bisa Ambil Miqat di Bir Ali
Dua jemaah haji Indonesia tidak bisa mengambil miqat atau berniat ihram di Masjid Dzulhulaifah atau Bir Ali lantaran sakit. Keduanya saat ini masih menjalani perawatan medis di KKHI Madinah. Foto: SINDOnews/Sucipto
A A A
MADINAH - Dua jemaah haji Indonesia tidak bisa mengambil miqat atau berniat ihram di Masjid Dzulhulaifah atau Bir Ali lantaran sakit. Keduanya saat ini masih menjalani perawatan medis di RS King Fahad Madinah.

Dua jemaah haji tersebut bernama Sarti Ahmad Hasibuan dari kloter 1 embarkasi Medan (KNO) dan
Kotin Suwondo dari kloter 1 embarkasi Solo (SOC).



"Dari 5 kloter sebanyak 2 orang yang nggak bisa ke Bir Ali karena masih dirawat," ujar Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Zaenal Muttaqin saat melepas jemaah yang akan ke Bir Ali dari Hotel Grand Plaza Badr Al Maqam, Kamis (1/6/2023).

Perlu diketahui, hari ini lima kloter atau sekitar 1.899 jemaah haji Indonesia mulai masuk Mekkah. Sebelum ke Mekkah jemaah haji terlebih dahulu mengambil miqat atau niat umrah wajib di Masjid Dzulhulaifah atau Bir Ali.


Lima kloter tersebut yakni Kloter 1 dari embarkasi Jakarta (JKG) sebanyak 393 jemaah, kemudian Kloter 1 embarkasi Solo (SOC) sebanyak 360 jemaah. Kloter 1 dari embarkasi Makassar (UPG) sebanyak 393 jemaah. Termasuk Kloter 1 embarkasi Aceh (BTJ) sebanyak 393 jemaah dan Kloter 1 embarkasi Medan (KNO) sebanyak 370 jemaah.

Zaenal mengatakan, pergeseran dilakukan setelah jemaah selesai melaksanakan salat Zuhur. Seluruh koper milik jemaah akan dibawa menggunakan bus. "Kalau ada koper yang tidak terangkut akan ada truk yang membawa koper khusus untuk jemaah," katanya.

Kasi Kesehatan Daker Madinah Thafsin Al Farizi membenarkan ada dua jemaah haji dari lima kloter yang tidak bisa mengambil miqat di Bir Ali. "Betul, masih dirawat di RS King Fahad Madinah," ujarnya.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)