Iduladha, Mudah Berkurban via Digital

Jum'at, 02 Juni 2023 - 00:16 WIB
loading...
Iduladha, Mudah Berkurban via Digital
Petugas kesehatan ternak sedang mengecek kesehatan hewan kurban di kandang. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Iduladha yang jatuh setiap tanggal 10 Zulhijjah kalender Hijriyah disebut juga sebagai Idulqurban. Sebab pada hari itu dan tiga hari setelahnya (11, 12, 13 Zulhijjah), disebut Hari Tasyrik, umat Islam di seluruh dunia disunnahkan menyembelih hewan kurban .

Hari Raya Iduladha semakin dekat yang ditandai mulai banyak kandang hewan kurban dadakan di pinggir jalan dan lahan-lahan kosong. Kandang itu menjual sapi dan kambing untuk dijadikan hewan kurban yang disembelih saat Iduladha yang tahun ini jatuh pada Rabu 28 Juni 2023.



Umat muslim pun terlihat keluar masuk kandang mencari hewan kurban terbaik atau sekadar melihat-lihat sambil mengecek harga yang sesuai kantong. Bagi yang tidak memiliki waktu biasanya menitipkan uang kurban ke panitia di masjid atau musala di lingkungan masing-masing.

Untuk memudahkan umat menjalankan ibadah kurban, BSI Maslahat bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) menggelar Program Kurban dengan tema Menebar Kebaikan. Program ini menawarkan pembelian hewan kurban dengan harga mulai Rp1.950.000 dan penyembelihannya dilakukan secara online melalui live streaming sehingga dapat disaksikan para pekurban (mudohi).

Direktur Eksekutif BSI Maslahat, Sukoriyanto Saputro mengatakan, program kurban ini sangat mudah karena terdapat di BSI Mobile. Para nasabah tinggal mencari menu beli hewan kurban di dalamnya tanpa harus repot mencari hewan kurban dari kandang ke kandang.

"Sehingga ibadah kurban dapat dilakukan dengan lebih ringan dan mudah," kata Sukoriyanto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/6/2023).



Sesuai dengan temanya, Menebar Kebaikan, hewan kurban yang dibeli nasabah nantinya dikirim ke seluruh wilayah Indonesia. Dengan begitu diharapkan daging kurban dapat dinikmati oleh masyarakat sampai di pelosok negeri.

Pada tahun ini, ditargetkan mendapatkan 3.500 hewan kurban setara domba atau kambing. Untuk mencapai hal tersebut BSI Maslahat mempunyai beberapa program di antaranya cicil kurban, kurban peduli, dan sedekah hewan potong.

Direktur Marcomm & Network BSI Maslahat, Risyad Iskandar menjelaskan, proses penyembelihan hewan kurban nantinya akan disiarkan melalui live streaming, sehingga para pekurban tetap bisa mendapatkan sunnah menyaksikan penyembelihan hewan kurbannya.

Dengan berkurban melalui BSI Maslahat, masyarakat bisa membantu peternak lokal dan UMKM kelompok ternak. Hal ini karena hewan ternak diambil dari petani ternak binaan BSI Maslahat, peternak lokal, dan kelompok UMKM ternak.

Pengadaan hewan kurban ini juga terjamin kesehatannya karena dirawat dan sesuai dengan standar kelayakan hewan kurban dan Dinas Kesehatan. Daging kurban akan disalurkan tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan, yakni masyarakat yang terdampak bencana, masyarakat daerah yang jarang memakan daging kurban dan wilayah menengah bawah yang padat penduduk.



"Masyarakat yang berdonasi kurban melalui BSI Maslahat juga mendapatkan laporan dan sertifikat kurban tepat waktu beserta dokumentasi laporan kegiatan pemotongan dan penyaluran hewan kurbannya," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)