Hukum Tajwid Surat Luqman Ayat 13 dan 14

Jum'at, 02 Juni 2023 - 09:46 WIB
loading...
A A A
وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ


Artinya : "Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu." (QS. Luqman : 14)

Hukum Tajwid Surat Luqman Ayat 14

1.
وَصَّيْنَا
= Mad Layn sebab "ya sukun" didahului oleh huruf "shad" berharakat "fathah". Dibaca panjang 2 harakat.

2.
الْاِنْسَانَ
= Al qomariah, karena ada huruf "lam" bertemu dengan huruf "alif". Harus dibaca terang dan jelas.

3.
الْاِنْسَانَ
= Ikhfa karena "nun sukun" bertemu huruf "sin". Dibaca samar-samar dengan dengung dan ditahan 3 harakat.

4.
الْاِنْسَانَ
= Mad Thabi'i sebab "sin berharakat fathah" bertemu "alif" dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Dibaca panjang 2 harakat.

5.
بِوَالِدَيْهِ
= Mad Thabi'i sebab "wau berharakat fathah" bertemu "alif" dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Dibaca panjang 2 harakat.

6.
بِوَالِدَيْهِ
= Mad Layyin sebab "ya sukun" didahului oleh "shad berharakat fathah". Dibaca panjang 2 harakat. Namun bila kita mewakafkannya pada setelah huruf ini maka panjangnya menjadi 6 harakat.

7.
اُمُّه
= Ghunnah sebab "mim bertasydid". Dibaca dengung dengan ditahan sampai 3 harakat.

8.
اُمُّه
= Mad Shilah Qashirah sebab huruf "ha" bertemu dengan huruf selain "hamzah". dIBACA panjang 2 harakat.

9.
وَهْنًا عَلىٰ
= Izhar sebab "nun berharakat dammah tanwin" bertemu huruf "ain". Dibaca jelas.

10.
عَلىٰ
= Mad Thabi'i sebab "lam berharakat fathah" bertemu "alif" dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Dibaca panjang 2 harakat.

11.
وَهْنٍ وَّ
= Idgham Bighunnah sebab "nun berharakat kasrah tanwin" bertemu huruf "wau". Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.

12.
وَّفِصٰلُه
= Mad Thabi'i sebab "shad berharakat fathah" bertemu "alif" dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Dibaca panjang 2 harakat.

13.
وَّفِصٰلُه
= Mad Shilah Qashirah sebab huruf "ha" bertemu dengan huruf selain "hamzah". Dibaca panjang 2 harakat.

14.
فِيْ
= Mad Thabi'i sebab "fa berharakat kasrah" bertemu "ya sukun" dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Dibaca panjang 2 harakat.

15.
عَا مَيْنِ
= Mad Thabi'i sebab "ain berharakat fathah" bertemu "alif" dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Dibaca panjang 2 harakat.

16.
عَا مَيْنِ
= Mad Layyin sebab "ya sukun" didahului oleh "mim berharakat fathah". Dibaca panjang 2 harakat.

17.
اَنِ اشْكُرْلِيْ
= Mad Thabi'i sebab "lam berharakat kasrah" bertemu "ya sukun" dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Dibaca panjang 2 harakat.

18.
وَلِوَالِدَيْكَ۫
= Mad Thabi'i sebab "wau berharakat fathah" bertemu "alif" dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Dibaca panjang 2 harakat.

19.
وَلِوَالِدَيْكَ۫
= Mad Layyin sebab "ya sukun" didahului oleh huruf "dal berharakat fathah". Dibaca panjang 2 harakat. Namun bila kita mewakafkannya pada setelah huruf ini maka panjangnya menjadi 6 harakat.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)