Ikhtiar dan Doa ketika Sakit Sesuai Sunah Nabi Muhammad SAW

Sabtu, 03 Juni 2023 - 09:43 WIB
loading...
A A A
“Panas adalah bagian dari percikan api Jahannam, maka padamkanlah dengan air.”(HR Al Bukhari).



Selain sakit demam, Nabi SAW juga mengajarkan doa untuk anggota badan yang sakit. Hal ini juga cocok untuk gejala flu, yang bisa berupa sakit kepala dan pegal-pegal. Doa Nabi SAW ini diajarkan kepada Utsman bin Abil Ash ketika mengadu sakit yang terdapat di tubuhnya kepada Nabi Saw.

ضَعْ يَدَكَ عَلَى الّذِيْ يَأْلَمُ مِنْ جِسْمِكَ وَقُلْ بِسْمِ اللهِ ثَلاَثاً وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوْذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ


Letakkanlah tanganu di atas anggota yang sakit dari tubuhmu, dan ucapkanlah bismillah tiga kali, dan ucapkanlah tujuh kali A’udzu bi izzatillahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadzir (aku berlindung dengan keagungan dan kekuasaan Allah dari keburukan apa yang aku temui dan aku khawatirkan.”

Selain demam, pegal-pegal dan sakit kepala, gejala sakit flu yang disebutkan di atas adalah bersin-bersin. Nabi SAW juga mengajarkan kepada umatnya untuk mengucapkan hamdalah ketika bersin.

Dari Abu Hurairah ra dari Nabi SAW beliau bersabda: jika salah satu dari kalian bersin, maka ucapkanlah “alhamdulillah”, dan hendaknya saudaranya atau temannya mengatakan kepadanya “yarhamukallah (semoga Allah merahmatimu), dan jika temannya mengatakan yarhamukallah maka hendaknya (orang yang bersin) mengucapkan “yahdikumullah wa yushlihu balakum (semoga Allah memberikan hidayah kepadamu dan memperbaiki urusanmu)”.

Selain itu, di dalam ritual ibadah umat Islam pun sejatinya telah diajarkan cara menghindari pilek, yakni dengan memasukkan air ke dalam hidung ketika setiap kali berwudu. Sehingga, jika umat Islam mau melakukannya setiap berwudu, maka kotoran-kotoran di dalam hidung pun akan hilang, dan insya Allah akan terhindar dari sakit pilek yang menjadi gejala dari sakit flu.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1978 seconds (0.1#10.140)