Karakteristik Sholat Orang Munafik, Begini Tandanya

Sabtu, 03 Juni 2023 - 13:55 WIB
loading...
Karakteristik Sholat Orang Munafik, Begini Tandanya
Di antara tanda sholat orang munafik adalah tergesa-gesa mengerjakannya seperti burung mematuk makanan. Foto hanya ilustrasi/ist
A A A
Dalam Islam sholat memiliki kedudukan yang sangat tinggi dan bernilai di sisi Allah. Berikut karakteristik sholat orang munafik yang bisa kita jadikan pelajaran.

Sholat merupakan ibadah yang pertama kali dihisab pada Hari Kiamat. Jika sholatnya baik maka baiklah seluruh amalannya yang lain. Jika sholatnya rusak maka rusak pulalah amalannya yang lain.

Adapun karakteristik sholat orang munafik dijelaskan dalam Al-Qur'an sebagaiman firman Allah berikut:

اِنَّ الۡمُنٰفِقِيۡنَ يُخٰدِعُوۡنَ اللّٰهَ وَهُوَ خَادِعُوْهُمۡ‌ ۚ وَاِذَا قَامُوۡۤا اِلَى الصَّلٰوةِ قَامُوۡا كُسَالٰى ۙ يُرَآءُوۡنَ النَّاسَ وَلَا يَذۡكُرُوۡنَ اللّٰهَ اِلَّا قَلِيۡلًا

Artinya: "Sesungguhnya orang munafik itu hendak menipu Allah, tetapi Allah-lah yang menipu mereka. Apabila mereka berdiri untuk shalat, mereka lakukan dengan malas. Mereka bermaksud ria (ingin dipuji) di hadapan manusia. Dan mereka tidak mengingat Allah kecuali sedikit sekali." (QS An-Nisa Ayat 142)

Dari Al 'Ala bin Abdurrahman berkata; Kami pernah menemui (Anas bin Malik) setelah Zuhur, lalu beliau bangkit dan sholat Ashar. Setelah selesai dari sholatnya, kami menyebutkan tentang tergesa-gesa dalam sholat, atau menceritakannya, maka dia berkata: Saya pernah mendengar Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Itu adalah sholatnya orang-orang munafik, itu adalah sholatnya orang-orang munafik, itu adalah shoalatnya orang-orang munafik. Salah seorang dari mereka duduk hingga sinar matahari telah menguning, tatkala itu ia sedang berada di antara dua tanduk setan atau pada dua tanduk setan, maka dia bengkit untuk sholat, dia sholat empat rakaat dengan sangat cepat (seperti burung mematuk makanan). Dia tidak mengingat Allah padanya kecuali sangat sedikit." (HR Abu Dawud)

Orang munafik biasanya tergesa-gesa ketika mengerjakan sholat. Selain tidak khusyu', mereka juga sering menunda-nunda dan mengulur-ulur waktu sholat.

Dalam riwayat lain disebutkan:

وِ إِنْ صَامَ وَ صَلَّى وَ زَعَمَ أَنُّه مُسْلِمٍ

"Dan apabila ia mengerjakan puasa dan shalat, ia menyangka bahwa dirinya seorang muslim." (HR Muslim)

Sholat yang Berat Bagi Orang Munafik
Dalam Hadis disebutkan, orang munafik merasa berat mengerjakan sholat pada waktu fajar (Subuh) dan Isya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

لَيْسَ صَلاَةٌ أَثْقَلَ عَلَى الْمُنَافِقِينَ مِنَ الْفَجْرِ وَالْعِشَاءِ

"Tidak ada sholat yang paling berat bagi orang-orang munafik daripada sholat Fajar dan Isya." (HR Al-Bukhari 657)

Seandainya mereka mengetahui keutamaan yang ada pada kedua sholat itu (Subuh dan Isya), tentu mereka akan mendatanginya meski sambil merangkak. Rasa malas inilah yang membuat mereka merasa berat untuk mengerjakannya. Semoga kita dijauhkan dari golongan ini.

Allah berfirman dalam Al-Qur'an yang artinya: "Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk." (Al-Baqarah ayat 45)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2290 seconds (0.1#10.140)