Ziarah ke Tempat Bersejarah via Online, Pahala Jemaah Haji Tetap Sempurna

Senin, 05 Juni 2023 - 12:05 WIB
loading...
Ziarah ke Tempat Bersejarah via Online, Pahala Jemaah Haji Tetap Sempurna
Jabal Uhud, salah satu lokasi bersejarah yang biasanya diziarahi jemaah haji asal Indonesia. Foto/dok.SINDOnews
A A A
MADINAH - Berziarah ke sejumlah tempat bersejarah merupakan kegiatan yang biasa dilakukan jemaah haji Indonesia. Di antaranya ke Gunung Uhud, makam Baqi, Massjid Khandaq, Masjid Qiblatain, Masjid Quba, dan sebagainya.

Bagi jemaah haji lansia yang memiliki keterbatasan dan tidak memungkinkan untuk berpergian jauh bukan berarti tidak bisa berziarah.

Perkembangan teknologi memungkinkan para lansia bisa berziarah ke lokasi-lokasi bersejarah secara online, seperti menggunakan video call dan zoom meeting. Koordinator Bimbingan Ibadah Daker Madinah, Kiai Ahmad Wazir Ali mengatakan, sebuah hadits qudsi, menyebut jemaah haji yang menyengaja melakukan kebaikan namun batal karena suatu halangan maka pahala melaksanakan kebaikan tersebut tetap sempurna.



Kiai Wazir menjelaskan,

عن ابن عباس رضى الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم فيما يرويه عن ربه قال : إن الله كتب كتب الحسنات والسيئات ثم بين ذلك، فمن هم بحسنة فلم يعملها كتبها الله له عنده حسنة كاملة
فإن هم بها وعملها كتبها الله له عنده عشر حسنات إلى سبعمائة.ضعف الى أضعاف كثيرة.

"Dari Ibnu Abbas RA, dari Rasulullah SAW, dari tuhannya (riwayat hadis qudsi) berkata: Sesungguhnya Allah SWT menulis pahala kebaikan dan dosa kejelekan lalu menjelaskannya.

Barang siapa yg menyengaja kebaikan, kemudian (karena sesuatu hal) tidak terlaksana, Allah SWT masih menulis pahala baginya dengan amal kebaikan penuh sempurna.

Jika menyengaja kebaikan dan terlaksana, maka Allah SWT menulis pahala baginya sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus kali lipat, sampai berlipat-lipat." (Hadis Qudsi).

Kiai Wazir mengimbau kepada jemaah haji untuk selalu mengukur kesehatan diri selama di Tanah Suci dan ketika akan menjalankan rangkaian ibadah haji. "Jangan sampai yang sunah mengalahkan yang wajib," katanya.

Pengasuh Pondok Pesantren Denanyar, Jombang ini mengatakan, jangankan sekadar ibadah sunah, ibadah yang wajib pun bila tidak terlaksana akibat suatu hal pahalanya tetap tercatat penuh.
(muh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)