Jemaah Haji Diimbau Waspadai Calo Tasreh Masuk Raudhah

Senin, 05 Juni 2023 - 18:08 WIB
loading...
Jemaah Haji Diimbau Waspadai Calo Tasreh Masuk Raudhah
Jemaah haji Indonesia diimbau mewaspadai calo yang menawarkan masuk Raudhah, Masjid Nabawi dengan dipungut biaya. Sebab, masuk ke Raudhah gratis. Foto/SINDOnews
A A A
MADINAH - Jemaah haji Indonesia diimbau mewaspadai calo yang menawarkan masuk Raudhah , Masjid Nabawi dengan dipungut biaya. Sebab, masuk ke Raudhah gratis.

Kepala Sektor Khusus (Kaseksus) Masjid Nabawi, Jasaruddin mengaku mendapat informasi ada jemaah yang dimintai biaya untuk masuk ke Raudhah.



"Ada informasi untuk masuk Raudhah harus bayar petugas. Ini informasi yang keliru. Mungkin ada orang yang memfasilitasi dia terus disuruh bayar," ujarnya, Senin (5/6/2023).

Jasaruddin menegaskan masuk Raudhah tidak bayar. Baik masuk secara mandiri maupun bersama rombongan kloter. Pemerintah sudah memfasilitasi dengan mengeluarkan tasreh bagi jemaah haji Indonesia yang akan masuk Raudhah.

"Jemaah haji perlu waspada adanya calo yang menawarkan masuk Raudhah dengan biaya tertentu. Mohon jemaah tidak mudah percaya dengan orang-orang yang minta bayaran," tegasnya.

Dia juga meminta kepada jemaah untuk memahami waktu-waktu yang telah ditentukan pihak Arab Saudi untuk masuk Raudhah yakni pukul 06.30-11.30 WAS untuk jemaah perempuan. Sedangkan untuk laki-laki mulai pukul 11.30 WAS sampai menjelang pagi.

"Sementara untuk individu bagi perempuan mulai setelah Maghrib sampai pukul 24.00 WAS dan untuk laki-laki dari pukul 24.00 WAS sampai menjelang subuh," katanya.

Jasaruddin berharap tasreh yang dikeluarkan sesuai dengan jumlah kloter. Sebab saat ini masih ditemukan tasreh yang keluar tidak sesuai dengan jumlah jemaahnya. Hal ini menjadi problem bagi jemaah.



"Bagi jemaah laki-laki mungkin tidak masalah, bisa kita gabungkan ke kloter lain yang masih ada slot kosong. Tetapi untuk jemaah perempuan, itu harus dicek satu per satu," tutupnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)