Doa Pulang Haji Berikut Zikir yang Dianjurkan Lengkap Arab dan Latin

Senin, 05 Juni 2023 - 17:24 WIB
loading...
Doa Pulang Haji Berikut Zikir yang Dianjurkan Lengkap Arab dan Latin
Berdoa dan membaca zikir ketika pulang haji dan umrah termasuk di antara adab yang disunnahkan. Foto/dok kabarmakkah
A A A
Doa pulang Haji dan Umrah berikut zikirnya sangat baik diamalkan para jemaah haji yang kembali ke rumahnya. Berdoa ketika pulang haji dan umrah ini termasuk di antara adab yang disunnahkan.

Selain menggelar acara syukuran, jemaah Haji dianjurkan berdoa dan membaca zikir saat kembali ke Tanah Air. Berikut Bacaan doa dan zikir dikutip dari Kitab Al-Idhah fi Manasikil Hajii wal 'Umrah (menjelaskan tentang haji dan umrah) karya Imam An-Nawawi:

1. Membaca Zikir Tahlil
Dasar anjuran zikir ini adalah Hadis riwayat Imam Al-Bukhari dan Muslim. Berikut bacaan zikirnya:

لاَ إلهَ إلاّ الله وَحدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الملكُ وَلَهُ الحمدُ وَهُوَ عَلَى كُل شَيْءٍ قدير، آيِبُونَ تَائِبُونَ عَابِدُونَ لِرَبّنَا حَامِدُونَ، صدَقَ الله وَعْدَه وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الأحْزَابَ وَحْدَه

Laa ilaaha illallaahu wahdahu la syarika lahu, lahul mulku, wa lahul hamdu, wa huwa 'ala kulli syai'in qadiir, Aayibuuna, taa'ibun, 'Aabiduun, Saajiduun li Rabbinaa haamiduun, shodaqallaahu wa'dahu, wa nashara 'abdahu, wa hazamal ahzaaba wahdah.

Artinya: "Tidak ada Tuhan selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, segala puji untuk-Nya, Dialah Tuhan yang Maha Mampu atas segalanya. (Kami) pulang dalam keadaan bertaubat, beribadah, bersujud kepada Tuhan kami, dan dalam keadaan memuji. Maha benar Allah atas janji-Nya. Dia menolong hamba-Nya dan memporak-porandakan pasukan musuh."

2. Doa Pulang Haji ketika Dalam Perjalanan
Doa ini dibaca ketika dalam perjalanan pulang atau saat tiba di rumah. Doa ini diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Sahabat Anas radhiyallahu 'anhu. Berikut redaksi doanya:

آيِبُونَ تَائِبُونَ عَابِدُونَ لِرَبّنَا حَامِدُونَ

Aayibuuna Taaibuuna 'Aabiduuna Li Robbina haamiduun.

Artinya: "(Kami) pulang dalam keadaan bertaubat, beribadah, bersujud kepada Tuhan kami, dan dalam keadaan memuji."

3. Doa Pulang Haji Ketika Tiba di Rumah
Redaksi doa ini terdapat dalam Kitab Al-Azkar (khusus membahas zikir dan doa-doa) karya Imam An-Nawawi. Dibaca ketika jemaah haji tiba di rumah:

باسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ إنِّي أسألُكَ خَيْرَها وَخَيْرَ أهلها وَخَيْرَ ما فِيها وأعُوذُ بِكَ مِنْ شَرّها وَشَرّ أهلها وَشَرّ مَا فِيهَا

Bismillaahi Allaahumma innii as-Aluka khairaha wa khairi ahliha wa khairo maa fiiha wa a'uudzubika min syarriha wa syarri ahliha wa syarri maa fiiha.

Artinya: "Dengan nama Allah. Ya Allah, aku memohon kebaikannya, kebaikan pemiliknya, dan kebaikan sesuatu yang ada di dalamnya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya, keburukan pemiliknya, dan keburukan sesuatu yang ada di dalamnya."

4. Doa Menyambut Jemaah Haji
Berikut doa yang dibaca pohak keluarga datau tamu yang menyambut kepulangan jemaah Haji di rumah:

قَبَّلَ اللهُ حَجَّكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَأَخْلَفَ نَفَقَتَكَ

Qabballallohu hajjaka, wa ghofaro dzanbaka, wa akhlafa nafaqotak.

Artinya: "Semoga Allah menerima ibadah hajimu, mengampuni dosamu, dan mengganti pengeluaranmu."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1565 seconds (0.1#10.140)