Doa Setelah Salat Istikharah dan Mohon Kepastian Petunjuk dari Allah Ta'ala

Selasa, 06 Juni 2023 - 19:52 WIB
loading...
Doa Setelah Salat Istikharah dan Mohon Kepastian Petunjuk dari Allah Taala
Agar petunjuk Allah SWT segera tiba, setelah selesai salat Istikharah kita baca doa seperti yang diajarkan Rasulullah SAW. Foto ilustrasi/ist
A A A
Ketika kita merasa bimbang dan harus memilih dalam suatu perkara, dianjurkan untuk melaksanakan salat Istikharah . Jika untuk perkara wajib, maka tidak perlu melakukan salat Istikharah karena memang sudah ada pilihan pasti dan harus kita laksanakan, tidak boleh ditinggalkan seperti salat wajib, puasa Ramadan, atau ibadah-ibadah wajib lainnya.

Berbeda halnya dengan perkara yang bukan wajib, maka amalkan salat istikharah ini. Istikharah sendiri menurut Imam Nawawi dalam kitab al-Adzkar sangat dianjurkan (sunnah) pada semua perkara yang memiliki beberapa pilihan.

Rasulullah dalam sebuah hadits riwayat Jabir Ibn Abdillah ra bersabda:
"Jika diantara kalian hendak melakukan perkara/urusan, maka rukuklah (salatlah) dua rakaat : kemudian berdoa…(HR. Bukhari)

Kemudian setelah selesai salat Istikharah, amalkan doa seperti berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ


Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepada-Mu dengan ilmu pengetahuan-Mu dan aku mohon kekuasaan-Mu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaan-Mu. Aku mohon kepada-Mu sesuatu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Mahakuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (orang yang mempunyai hajat hendaknya menyebut persoalannya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku sukseskanlah untuk ku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah. Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan persoalan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untuk ku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaan-Mu kepadaku.”

Setelah melaksanakan salat Istikharah, dijamin hati akan menjadi tenang dan merasa yakin, serta Allah Ta'ala akan memberikan jawabannya yang sudah pasti jawaban terbaik dari Allah Ta'ala.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6264 seconds (0.1#10.140)