Apakah Jawaban Sholat Istikharah Harus Lewat Mimpi?

Kamis, 03 November 2022 - 23:28 WIB
loading...
Apakah Jawaban Sholat Istikharah Harus Lewat Mimpi?
Apabila seorang yang istikharah belum juga mendapatkan jawaban, maka dianjurkan melakukan sholat istikharah sebanyak 7 kali. Foto/SINDOnewskali
A A A
Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk senantiasa istikharah dalam setiap perkara sebagaimana sabda beliau: "Jika salah seorang di antara kalian bermaksud melakukan suatu hal, hendaklah dia melaksanakan sholat dua rakaat selain fardhu, kemudian hendaklah ia berdoa kepada Allah (memohon kebaikan dan keberkahan dalam urusan tersebut)." (HR Al-Bukhari, Abu Daud, Tirmidzi, An-Nasai)

Setiap masalah baik yang besar maupun kecil jika diawali dengan istikharah maka insya Allah akan mendapatkan keberkahan dan kebaikan dari Allah Ta'ala. Pertanyaannya, apakah jawaban sholat istikharah harus lewat mimpi?

Menurut Ustaz Muhammad Ajib Lc dalam bukunya "33 Macam Jenis Shalat Sunnah", para ulama menyebutkan bahwa jawaban atas sholat istikharah yang dilakukan seseorang tidak harus lewat mimpi. Jawaban istikharah bisa juga dengan kemantapan hati atau condongnya hati terhadap sesuatu.

"Kalaupun sudah istikharah namun tidak ada tanda-tanda kemantapan hati, maka pilih saja dan bertawakkallah kepada Allah. Insya Allah ada kebaikan dan keberkahan dalam pilihan tersebut," kata Ustaz Ajib.

Dalam Al-Mausu'ah al-Fiqhiyah al-Kuwaitiyah, Kuwait: Wizarotul Awqof wa asy-Syu'un al-Islamiyah disebutkan: "para ulama 4 mazhab telah sepakat bahwa tanda-tanda dalam istikharah itu adalah kelapangan dada (kecondongan hati). Hal ini berdasarkan sabda Nabi shollallahu 'alaihi wasallam dalam hadis "Kemudian lihatlah mana yang sesuai dengan hatimu. Sesungguhnya di dalamnya ada kebaikan." Maksudnya adalah melakukan sesuatu sesuai kelapangan dadanya.

Apabila sudah melakukan istikharah namun belum juga mendapatkan kemantapan hati, maka dianjurkan melakukan sholat istikharah sebanyak 7 kali. Hal ini sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah SAW: "Wahai Anas, jika engkau menginginkan sesuatu maka istikharahlah kepada Allah sebanyak 7 kali. Kemudian lihatlah mana yang sesuai dengan hatimu. Sesungguhnya di dalamnya ada kebaikan." (HR Ibnu Sunni dari dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu)



Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2172 seconds (0.1#10.140)