Ketika Orang Latin dan Hispanik Berbondong-bondong Masuk Islam

Minggu, 11 Juni 2023 - 07:07 WIB
loading...
Ketika Orang Latin dan Hispanik Berbondong-bondong Masuk Islam
Ada ledakan orang Latin dan Hispanik yang berpindah agama. Foto/Ilustrasi: CBS News
A A A
Mengapa lebih banyak orang Hispanik yang masuk Islam lebih cepat daripada kelompok etnis lainnya: "Saya merasa baru saja menemukan jawaban saya"

Jaime "Mujahid" Fletcher adalah seorang Kolombia-Amerika yang memeluk Islam 21 tahun yang lalu.

Saat memulai perjalanannya ia juga merasa sendirian, namun tak lama kemudian ayahnya juga ingin belajar tentang Islam.

Satu-satunya masalah adalah ayahnya seorang penutur bahasa Spanyol . Jaime kesulitan menemukan materi pendidikan tentang agama yang ditulis dalam bahasa Spanyol. Jaime memutuskan untuk menerjemahkan apa yang dia baca untuk ayahnya.

"Jadi, semakin banyak kami menerjemahkan dan menjelaskan kepada mereka dalam bahasa mereka sendiri, hal itu menjadi kurang asing bagi mereka," kata Fletcher dikutip CBS News belum lama ini.

Upaya itu berkembang menjadi Islam dalam bahasa Spanyol.



Pusat Islam yang berbasis di Houston tidak mengubah orang Hispanik menjadi Islam, tetapi memberikan informasi pendidikan tentang agama dalam bahasa Spanyol.

Terlepas dari pendekatan lepas tangan mereka, Jaime mengatakan mereka telah melihat ledakan orang Latin dan Hispanik yang berpindah agama.

"Berdasarkan data, orang Latin adalah kelompok etnis yang paling cepat berkembang memeluk Islam di Amerika," kata Fletcher. "Orang-orang muncul begitu saja dan mereka berkata, hei, kami datang ke sini untuk memeluk Islam."

Di Colorado, Rudy Sanchez dan Juana Serrano juga mendengar dan menjawab panggilan untuk Islam. "Itu benar-benar mulai menarik hatiku," kata Serrano. "Saya merasa baru saja menemukan jawaban saya," kata Sanchez.

Mereka mengatakan agama memberi mereka kedamaian. "Itu seperti kebetulan, Anda tahu seperti saya haus dan kemudian seorang pria dengan botol air berkata, 'hei, Anda mau air?'" ungkap Sanchez.

"Itu memberi saya banyak kedamaian. Ini memberi saya banyak kebebasan yang bahkan tidak saya sadari," kata Serrano.



Mereka berdua mengakui, namun ketika pertama kali masuk Islam, menjadi Muslim terasa terisolasi. Terutama ketika datang untuk menyampaikan berita kepada keluarga mereka. "Saya memang merasa sangat kesepian," ujar Sanchez.

"Mereka tidak sepenuhnya memahami apa yang saya alami hanya karena mereka tidak mengalami hal yang sama," kata Sanchez.

"Ibuku benar-benar kaget. Dia seorang Katolik yang sangat taat tapi dia mendukung," kata Serrano.

Keduanya dan saudara Jaime mengatakan Islam dan budaya Latino memiliki banyak kesamaan yang membuat perpindahan agama menjadi lebih mudah. "Berasal dari keluarga berlatar belakang Hispanik sangat penting," kata Serrano.

"Menghormati orang tua dan menghormati anggota keluarga dan semua itu adalah bagian besar dari Islam dan itu juga bagian besar dari budaya kita," kata Sanchez.

"Melihat lebih dalam ke Islam tiba-tiba Anda mulai menemukan bahwa inilah cara Anda tahu saya dibesarkan, ini adalah nilai-nilai yang dibagikan keluarga saya dengan saya sehingga ada banyak kedekatan," kata Fletcher.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)