Ketika Maskapai Penerbangan Membolehkan Awak Kabin Mengenakan Jilbab

Senin, 12 Juni 2023 - 06:12 WIB
loading...
Ketika Maskapai Penerbangan Membolehkan Awak Kabin Mengenakan Jilbab
Opsi seragam awak kabin British Airways. Foto/Ilusrasi: New Arab
A A A
Hijab mulai diterima dan tidak dipandang sebagai kompromi terhadap keamanan atau layanan bagi maskapai penerbangan. Pada awal tahun ini, British Airways membuka opsi pakaian hijab bagi awak kabin. Sebelumnya, Westjet, Air Canada, dan US Airways juga mengizinkan pramugari mengenakan jilbab.

Sebelum ini, pramugari berjilbab hanya ada di maskapai dari negeri Islam seperti Afghanistan, Indonesia, Mesir, Arab Saudi, dan Iran dan negara-negara Timur Tengah lainnya.

Mengomentari hal ini, Rabina Khan, Cendekiawan Aziz Foundation, mengatakan mempekerjakan Muslim yang taat untuk menjadi diri mereka yang asli tanpa mengorbankan kode pakaian mereka memberikan akses dan peluang bagi kelompok bakat yang telah lama dikucilkan.

"Di negara yang menawarkan inklusivitas dan upaya untuk menghilangkan diskriminasi, maskapai lain harus mengikuti contoh British Airways dan memodifikasi seragam mereka untuk memungkinkan wanita Muslim menjadi anggota tim penerbangan yang berharga," sarannya.



Dia mengingatkan ekonomi Muslim tumbuh setiap hari di Inggris, Eropa, dan di seluruh dunia. Laporan The State of the Global Islamic Economy Report pada 2019 memperkirakan bahwa akan ada peningkatan 70% Muslim pada tahun 2060, dengan 3 miliar Muslim di seluruh dunia.

Peningkatan pesat konsumen Muslim adalah kekuatan pendorong di belakang industri halal. Adroit Market Research memprediksi bahwa pasar halal dunia diperkirakan akan mencapai US$9,71 triliun pada tahun 2025.

"Untuk maskapai penerbangan yang ingin memimpin, tidak ada salahnya memanfaatkan pasar pertumbuhan halal," katanya.

Rabina Khan dalam tulisannya berjudul "British Airways' new uniform aims to represent 'the very best of modern Britain'" yang dilansir New Arab menyebut awak kabin adalah wajah publik dari maskapai mana pun di dunia. Mereka mencerminkan pembangunan komunitas global, jadi salah satu cara untuk mencerminkan konsumen adalah tenaga kerja yang beragam melalui tawaran pilihan seragam yang semarak.

Seragam maskapai menggabungkan ciri khas dari mana mereka berasal dan negara yang diwakilinya, termasuk pakaian nasional mereka, seperti sarung kebaya yang dikenakan oleh staf wanita Singapore Airlines, yang dirancang oleh Pierre Balmain pada tahun 1968 dan dikenal sebagai “Singapore Girl”. ”

Maskapai seperti staf wanita Bangladesh Biman mengenakan sari yang mewakili pakaian nasional negara tersebut.

Sesuai dengan sejarah terkenal dan terkenal British Airways, warnanya tidak cerah tetapi kaku dan kokoh – praktis untuk menyelesaikan pekerjaan.

"Banyak wanita Muslim yang senang dengan pilihan jilbab baru dan bravo untuk British Airways – kami juga tahu ada semangat Inggris yang sangat tinggi tentang seragam baru," tuturnya.



Seragam Baru

British Airways pada awal tahun lalu meluncurkan koleksi baru seragam progresif dan inklusif dalam upaya untuk memperbarui identitas korporatnya yang kaku.

Seragam baru tersebut bertujuan untuk mewakili "yang terbaik dari Inggris modern". Ini mencakup pilihan untuk "jumpsuit modern" atau tunik dan jilbab karya perancang busana Inggris-Ghana, Ozwald Boateng.

Boateng memposting di Instagram: "Menciptakan narasi baru tentang perubahan dan transendensi".

Para pengguna Instagram mendukung seragam British Airways berhijab baru dengan syal necis termasuk Filantropis dan Pengusaha. Salah satunya adalah Farhiya Abass. Dia mengatakan: “Suka seragam awak kabin British Airways yang baru yang sekarang menyertakan pilihan hijab.”

Konsultan Inklusivitas Olahraga & Duta Adidas, Asma Elbadawi, berkomentar, “Seragam baru British Airways adalah langkah yang memungkinkan muslimah merasa lebih dilibatkan dan jilbab dinormalisasi.”
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1993 seconds (0.1#10.140)