Jemaah Haji dari Pantai Gading Melalui Inisiatif Rute Makkah Tiba di Tanah Suci

Selasa, 13 Juni 2023 - 08:02 WIB
loading...
Jemaah Haji dari Pantai Gading Melalui Inisiatif Rute Makkah Tiba di Tanah Suci
Jemaah haji Pantai Gading tiba di Bandara Internasional Pangeran Mohammed bin Abdulaziz di Madinah. (SPA/AN)
A A A
RIYADH - Gelombang pertama jemaah haji dari Pantai Gading yang melakukan perjalanan haji melalui Makkah Route initiative atau Inisiatif Rute Makkah tiba di Makkah pada hari Ahad.

Saudi Press Agency sebagaimana dikutip Arab News, Senin 12 Juni 2023, melaporkan, 500 jemaah tiba di Bandara Internasional Pangeran Mohammed bin Abdulaziz di Madinah beberapa hari lalu. Mereka diberangkatkan dari Bandara Internasional Felix Houphouet Boigny.

"Mereka disambut dengan bunga, air zamzam dan cinderamata di hadapan beberapa pejabat," kutip Arab News.

Coulibaly Drissa, Duta Besar Pantai Gading untuk Arab Saudi, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kerajaan atas layanan yang disediakan oleh Inisiatif Rute Makkah.



Inisiatif Rute Makkah diluncurkan pada 2019 dan memungkinkan jemaah haji dari tujuh negara, termasuk Indonesia, untuk melewati fasilitas imigrasi di bandara masing-masing dengan lancar.

Prosesnya dimulai dengan penerbitan visa elektronik dan pengumpulan informasi penting, diikuti dengan prosedur paspor yang disederhanakan sebelum keberangkatan ke Tanah Suci.

Arab Saudi meluncurkan inisiatif Rute Makkah di Pantai Gading pada hari Sabtu lalu dan sekitar 5.000 jamaah haji negeri itu akan menunaikan ibadah haji tahun ini.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1620 seconds (0.1#10.140)