Pusat Medis Madinah Selamatkan Jemaah Haji Indonesia setelah Jantungnya Berhenti 8 Menit

Kamis, 15 Juni 2023 - 09:30 WIB
loading...
Pusat Medis Madinah Selamatkan Jemaah Haji Indonesia setelah Jantungnya Berhenti 8 Menit
Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz di Madinah. (SPA/Arab News)
A A A
Tim medis di Pusat Medis Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdulaziz Madinah berhasil menyelamatkan seorang perempuan, jemaah haji Indonesia, yang jantungnya berhenti selama 8 menit setelah mendarat di bandara.

Saudi Press Agency sebagaimana dikutip Arab News pada hari Rabu 14 Juni 2023 melaporkan setelah kondisinya stabil, perempuan tersebut dipindahkan ke rumah sakit untuk pemeriksaan medis menyeluruh.

Pusat medis Madinah telah menerima 90.104 jemaah sejak awal musim haji tahun ini melalui pusat utama dan unit kesehatan sementara di dalam bandara, dengan 87.857 jemaah mendapat manfaat dari layanan pencegahannya, 2.218 dirawat sebagai pasien dan 29 dirujuk ke rumah sakit untuk pengobatan.



Pusat Medis Madinah Selamatkan Jemaah Haji Indonesia setelah Jantungnya Berhenti 8 Menit

Sementara itu, sebuah tim dari klinik kesehatan mata King Abdullah Medical City di Makkah dilaporkan telah membantu seorang jemaah haji Iran mendapatkan kembali penglihatannya setelah hampir buta.

Jemaah haji Iran itu tiba di Tanah Suci tetapi menderita ablasi retina lengkap disertai miopia parah di mata kiri. Dia juga menderita katarak dengan atrofi retina dan uvea.

Sifat dari kasus ini memerlukan prosedur medis yang rumit di mana katarak diangkat, lensa ditanamkan, dan retina diperbaiki menggunakan minyak silikon.



Setelah operasi dua jam yang berhasil, jemaah memulihkan diri sebelum memulai ibadah haji.

Tim medis secara rutin melakukan tindakan operasi mata dengan menggunakan teknologi medis terkini.

Membagikan Payung

Selain itu, Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci membagikan payung kepada para jamaah di area keliling dan alun-alun luar yang mengelilingi Masjidilharam di Makkah.

Wakil Sekretaris Jenderal kepresidenan untuk layanan sosial, sukarela, dan kemanusiaan, Khalid bin Fahd Al-Shalawi, mengatakan ada inisiatif untuk memberikan standar layanan terbaik kepada para jemaah haji.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)