Jelang Puncak Haji, PPIH Kembali Terima Bantuan 200 Kursi Roda untuk Jemaah Lansia

Kamis, 15 Juni 2023 - 17:50 WIB
loading...
Jelang Puncak Haji, PPIH Kembali Terima Bantuan 200 Kursi Roda untuk Jemaah Lansia
Asisten Wakil Sekretaris untuk Layanan Kemanusiaan, Sukarelawan dan Kemanusiaan Masjid Nabawi Naif Mus ih A Mutairi saat menyerahkan bantuan kursi roda kepada Kadaker Madinah Zaenal Muttaqin di pelataran Masjid Nabawi, Rabu (14/6/2023). FOTO/SUCIPTO
A A A
MADINAH - Bantuan kursi roda untuk jemaah haji Indonesia di Arab Saudi terus mengalir jelang puncak haji. Tambahan kursi roda ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kepada para jemaah haji khususnya jemaah lanjut usia (lansia).

"Alhamdulillah, dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap jemaah ramah lansia, PPIH Arab Saudi mendapat bantuan kursi roda dari dua lembaga," ujar Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Terpadu Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Jaja Jaelani, Kamis (15/6/2023).

Jaja menjelaskan, bantuan kursi roda tersebut diberikan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) masing-masing sebanyak 100 kursi roda.





"Pertama BSI memberikan bantuan 100 kursi roda, insyaallah akan segera kami distribusikan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada jemaah haji lansia. Begitu juga Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memberikan bantuan kursi roda 100 buah. Jadi dari dua lembaga ini memberikan bantuan dalam rangka meningkatkan layanan lansia sebanyak 200 kursi roda," ujarnya.

Menurut Jaja, seluruh bantuan tersebut akan segera didistribusikan untuk melayani jemaah haji lansia baik di Madinah, Makkah maupun saat di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). "Semoga dengan bantuan ini pelayanan kepada jemaah lansia lansia akan semakin optimal," ucapnya.

Jaja juga mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada lembaga-lembaga yang telah menyalurkan bantuan agar pelayanan terhadap jemaah haji lansia semakin maksimal. "Karena memang kebutuhan-kebutuhan dalam peningkatkan pelayanan memang sangat dibutuhkan. Kadang-kadang jemaah sudah bawa sandal tapi masih ada yang hilang dan tertinggal. Dengan bantuan tersebut sangat membantu pelayanan untuk jemaah," katanya.



Dalam kesempatan itu, Jaja mengimbau kepada jemaah haji untuk menjaga kesehatan dan tidak memaksakan diri mengingat cuaca cukup panas. "Jangan mengejar sunah, pas wajibnya badannya tidak sehat. Saya imbau semua jemaah untuk menahan diri dan melihat kondisi cuaca sebab di Saudi berbeda di Tanah Air. Saya juga memohon doa kepada keluarga jemaah haji di Tanah Air, semoga semua jemaah sehat, dapat beribadah khusyuk, dan memperoleh haji yang mabrur," ucapnya.

Sebelumnya, pengelola Masjid Nabawi menyerahkan 15 kursi roda kepada Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daker Madinah. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Asisten Wakil Sekretaris untuk Layanan Kemanusiaan, Sukarelawan dan Kemanusiaan Masjid Nabawi Naif Mus ih A Mutairi kepada Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Zaenal Muttaqin di pelataran Masjid Nabawi, Rabu, 14 Juni 2023.
(rca)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)