12.750 Boks Makan Disiapkan untuk Jemaah Haji Kuota Tambahan di Madinah

Jum'at, 16 Juni 2023 - 16:59 WIB
loading...
12.750 Boks Makan Disiapkan untuk Jemaah Haji Kuota Tambahan di Madinah
Kasi Layanan Konsumsi Daker Madinah Suviyanto memberikan keterangan kepada media terkait layanan konsumsi untuk jemaah haji kuota tambahan di Madinah, Jumat (16/6/2023). FOTO/SINDOnews/SUCIPTO
A A A
JAKARTA - Layanan Konsumsi Daerah Kerja (Daker) Madinah menyiapkan 12.750 boks makanan untuk jemaah haji kuota tambahan yang transit di Madinah.

Kasi Layanan Konsumsi Daker Madinah Suviyanto menjelaskan, semua jemaah haji yang datang ke Arab Saudi khususnya ke Madinah tetap diberikan layanan konsumsi selain layanan akomodasi dan ibadah.

"Memang dari awal kita antisipasi. Walaupun harusnya mereka tiba di Jeddah, kami dapat info mereka datang ke Madinah sebanyak 4.250 orang. Kami secara sigap menyiapkan dapur-dapur yang bersedia melayani jemaah haji," katanya, Jumat (16/6/2023).



Suviyanto menyebut, menu yang disajikan untuk jemaah haji kuota tambahan sama dengan jemaah lainnya.

"Ketika datang mereka diberi menu selamat datang. Namun karena berbeda dengan jemaah reguler biasa yang tinggal selama 9 hari untuk Arbain, jemaah ini hanya transit, maka hanya diberikan menu selamat datang, menu makan pagi, siang dan malam sesuai waktu check in dan check out-nya," katanya.

Untuk jemaah haji gelombang dua, kata Suviyanto, apabila tidak terjadi perubahan, pihaknya akan menyiapkan sekitar 12.750 boks makanan.

"Estimasi kedatangan jemaah haji gelombang kedua itu 4.250 dari 16 kloter. Perhitungan kami 4.250 x 3 kali, maka totalnya sekitar 12.750 boks untuk jemaah yang datang ke Madinah," katanya.

Suviyanto mengaku telah mengonfirmasi sejumlah dapur yang bersedia melayani jemaah haji. Sebab berdasarkan informasi, banyak dapur yang sudah selesai operasional dan pegawainya kini berada di Makkah untuk membantu pelayanan, termasuk pelayanan di Masyair.



"Kami secara sigap menyiapkan dapur yang bersedia melayani jemaah haji. Kami konfirmasi ulang mana saja dapur-dapur yang siap bahan bakunya, termasuk pegawai dan distribusinya," katanya.

Hasilnya, ada lima dapur di Madinah yang siap menyediakan makanan hingga distribusi ke jemaah. "Kami sudah konfirmasi kepada 5 dapur yakni Baharhar, Andalus, Mezmeri, Nooha dan Zidara. Mereka sanggup melayani jemaah haji gelombang kedua yang datang ke Madinah," katanya.
(abd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1400 seconds (0.1#10.140)