Mad Far’i: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya

Minggu, 18 Juni 2023 - 15:13 WIB
loading...
Mad Far’i: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya
Mad far’i sendiri merupakan bagian dari hukum bacaan Al-Quran, sehingga banyak surah dalam Al-Quran yang ada hukum bacaan yang satu ini. Foto ilustrasi/ist
A A A
Dalam membaca Al-Qur'an penting untuk mengetahui hukum bacaan mad far’i. Sebab dalam membaca Al-Qur'an tidak boleh sembarangan karena harus benar dan tartil.

Mad far’i sendiri merupakan bagian dari hukum bacaan Al-Qur'an, sehingga banyak surah dalam Al-Qur'an yang ada hukum bacaan yang satu ini. Lantas, apa itu mad far’i ? dan bagaimana contohnya ? Berikut ulasan tentang hukum bacaan mad far’i.

Pengertian Mad Far’i

Mad secara bahasa berarti panjang, sedangkan far’i secara bahasa artinya adalah cabang. Mad far’i secara istilah yaitu hukum bacaan panjang yang terjadi karena bertemu dengan hamzah, sukun, tasyid dan waqaf. Beberapa jenis mad far’i, yaitu mad lin, wajib muttasil, arid lissukun, jaiz munfasil, badal, iwadh, tamkin.

Hukum Bacaan Mad Far’i

Mad farí adalah hukum bacaan yang merupakan tambahan dari mad asli. Panjang bacaannya sendiri yaitu dua setengah alif atau sama dengan 2,4 atau 6 ketukan. Mad far’i dibaca panjang karena adanya hamzah, sukun, tasyid maupun adanya waqaf.

Contoh Bacaan Mad Far’i

Mad Far’i Bertemu dengan Hamzah

1. Mad wajib Muttashil

Mad wajib Muttashil adalah apabila terdapat mad bertemu dengan hamzah dalam satu kalimat,panjang harokat ketika washal harokat, sedangkan dalam keadaan wakaf boleh di baca 4,5 dan 6 harakat.

Contohnya :
جَآءَنَصْرُاللهِ – مَنْ يَعْمَلْ سُوْآء


2. Mad Jaiz Munfasil

Mad Jaiz Munfasil adalah apabila terdapat mad bertemu dengan hamzah dalam kalimat terpisah panjangnya 4,5 harkat.

Contohnya :
أُمِرُوْا إِلاَّ ِليَعْبُدُوا الله – فِي أَحْسَنِ تَقْوِيْمِ


3. Mad Shilah Thawilah

Mad Shilah Thawilah adalah apabila terdapat ha`Dhamir bertemu dengan hamzah dalam kalimat yang terpisah, panjangnya 4-5 harakat.

Contohnya :
أُمِرُ اِلاَّلِيَعْبُدُوْاالله – فِي أَحْسَنِ تَقْوِيْمٍ

Mad Far'i yang Bertemu dengan Sukun

1. Mad Farqi

Mad Farqi adalah mad badal sesudahnya berupa huruf yang bertasydid, panjangnya 6 harokat . Mad ini hanya terdapat pada 2 kalimat dan terdapat di dalam 3 surat yakni:

Contohnya:
قُُلءآلذَّكَرِيْنَ – ءَالله خَيْرٌ


2. Mad Lazim Kilmi Mutsaqqal

Mad Lazim Kilmi Mutsaqqal adalah apabila huruf atau bacaan mad sesudahnya berupa huruf yang bertasydid,panjangnya 6 harokat.

Contoh:
مِنْ دَآبَّة - حَآجُّ - أَتَحَآجُّوْآنِيْ


3. Mad Lazim Kilmi Mukhaffaf

Mad Lazim Kilmi Mukhaffaf adalah Mad Badal sesudahnya terdapat huruf sukun, panjangnya 6 harakat dan mad ini hanya terdapat pada surat Yunus ayat 51 dan 91.

Contoh :
ءالآأن


4. Mad Lazim Harfi Mukhaffaf

Mad Lazim Harfi Mukhaffaf adalah Mad yang terjadi pada huruf Muqoth-tho`ah yang terdapat di beberapa awal surat ( Fawatihussuwar ),hurufnya adalah
نَقَصَ عَسَلُكُمْ ( ن – ق - ص – ع – س- ل – ك – م )
Cara membaca huruf tersebut sesuai dengan nama hurufnya , dibaca panjang 6 harakat dan diidghamkan.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)